GuidePedia

0



Sebuah kabar duka hadir bagi para pengguna internet. Ray Tomlinson meninggal di usianya yang ke-74 karena serangan jantung.

Nama Ray Tomlinson mungkin masih terdengar asing bagi Anda. Ia disebut-sebut sebagai Bapak E-mail karena telah menemukan cara komunikasi baru via internet ini. Di tahun 1971, ia berhasil menciptakan sistem email jaringan pada ARPANET, yang merupakan cikal bakal internet, dengan menggunakan format user@host yang masih digunakan hingga saat ini.

Sekitar tujuh tahun kemudian, atau 1977, metode yang ia kembangkan menjadi sebuah standar baru dalam berkirim pesan via internet. Tentu saja, sudah ada banyak pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan developer email yang berbasis pada inovasi dari Tomlinson tersebut.

Salah satu hal yang melegenda dari Tomlinson adalah penggunaan simbol @ untuk alamat email, yang akhirnya menjadi sebuah fitur wajib bagi para pengguna dunia maya. Selain untuk alamat email, simbol tersebut juga digunakan untuk mention seseorang di Twitter, Instagram, atau Facebook. Ya, Twitter tanpa @ tidak akan se-booming sekarang ini. Begitu pula dengan Instagram, entah metode apa yang akan mereka gunakan agar Anda bisa "memanggil" seseorang saat berkomentar di aplikasi tersebut.

Berkat temuannya, nama Tomlinson masuk dalam Internet Hall of Fame. Ia juga akan dikenang oleh semua pengguna internet karena hasil pekerjaannya masih diperlukan dan akan digunakan hingga berpuluh-puluh tahun ke depan.

Beristirahatlah dengan tenang, Tomlinson.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?