GuidePedia

0

Selain menjadi sosok pemimpin yang penuh wibawa dengan sejuta pesona, Soekarno adalah pria yang yang menaruh perhatian pada seni, termasuk juga seni musik. Memang dulu pernah terjadi di mana Soekarno menunjukkan ketidak sukaannya pada beberapa genre musik seperti Rock. Soekarno bahkan menyebut musik-musik tersebut sebagai musik “Ngak Ngik Ngok”.

Di sisi lain, ada beberapa lagu yang disukai oleh Proklamator Indonesia tersebut. Bahkan Seokarno juga memiliki beberapa penyanyi favorit beberapa di antaranya juga rutin di undang ke Istana Negara untuk menghiburnya. Siapa sajakah mereka? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Maria Callas

Soekarno dibuat terpukau oleh penampilan Maria Callas saat presiden pertama Indonesia tersebut diundang mengunjungi kapal mewah milik Aristotle Onassis. Maria Callas adalah penyanyi sopran asal Yunani yang populer di tahun 1950an. Ia mulai terjun ke dunia hiburan sejak umur 15 tahun.


Kecantikan dan vokal indah Maria Callas memang membuat banyak orang mengaguminya, termasuk Soekarno dan Onassis sendiri. Numun kabarnya, Maria Callas terlibat skandal dengan Onassis. Tapi ternyata Onassis menjatuhlan pilihannya pada Jacqueline Kennedy, bekas istri mendiang Presiden AS John F Kennedy, pada 1968. Hal itu membuat Callas sakit hati hingga meninggal tahun 1977.

2. Nani Nuraini

Nama Nani Nurani banyak diperbincangkan sekitar tahun 2012 yang lalu saat ia menggugat pemerintah atas penahanan dirinya tanpa adanya pengadilan. Nani memang pernah ditahan selama tujuh tahun atas tuduhan keterlibatan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). Padahal saat itu ia adalah penyanyi favorit Soekarno.


Nani yang memang pandai menyanyi dan menari sejak kecil ditugaskan sebagai penyanyi dan penari Istana Cipanas sejak tahun 1961. Tentu ia sangat bahagia, bahkan ia sampai rela tidak dibayar asalkan bisa tampil di hadapan presiden dan tamu-tamu negara. Benar saja, Soekarno langsung terpukau bahkan sesekali ia ikut menari bersama Nani Nurani.

“Kalau saya menari, biasanya Bapak (Soekarno) mengambil selendang Bu Hartini (ibu negara, Red) dan mengalungkannya kepada saya. Kami menari dalam satu selendang. Semacam tayuban gitu lah,” ujar Nani.

3. Titiek Puspa

Penyanyi senior Titiek Puspa juga punya kenangan yang mendalam dengan Soekarno. Sebagai salah satu penyanyi favorit Soekarno, Titiek Puspa tentu punya beberapa pengalaman yang tak mungkin dilupakannya seumur hidup. Misalnya saja saat ia diajak tur keliling dunia bersama band Lensois bentukan Soekarno, Titiek mengaku sangat senang tapi juga punya duka tersendiri.


Yang paling membuat Titiek sedih adalah tak adanya nasi selama tur berlangsung. “Itu 40 hari tur enggak ketemu nasi sampai nangis-nangis,” kenang Titiek Puspa. Meskipun yang ada di hadapannya sat itu adalah seorang Soekarno, justri di mata Titiek, Soekarno adalah sosok yang kebapakkan. Soekarno memang terkenal lemah lembut pada wanita. “Dulu itu aturannya tidak terlalu ketat. Hubungan penyanyi dan band ke Bung Karno kayak bukan ke presiden, tapi kayak bapak sama anak. Persaudaraannya itu terasa sekali,” ujar Titiek.

4. Lilis Suryani

Lilis suryani juga menjadi bagian dari geng lensois bentukan Soekarno. Ia lahir pada tanggal 22 Agustus 1948 dan meninggal tahun 2007 kemarin. Semasa hidupnya Lilis bisa dibilang seorang penyanyi yang sukses mengeluarkan beberapa Album. Bahkan salah satu lagunya pernah dinyatakan sebagai lagu terlarang oleh pemerintah karena diduga berhubungan dengan PKI. Sama seperti titiek Puspa, Lilis juga pernah menjadi penyanyi istana dan tampil dihadapan Soekarno.


Melihat kepiawaiannya, ia bersama penyanyi-penyanyi lenso lain seperti Bing Slamet, Jack Lesmana, Titiek Puspa, dan Nien Lesmana atas prakarsa dari Soekarno merilis album “Mari Bersuka Ria dengan Irama Lenso”.

Itulah empat penyanyi yang pernah jadi favorit Soekarno. Tentu difavoritkan oleh Bapak Bangsa tersebut adalah suatu kebanggaan tersendiri. Dan mereka juga telah membuktikan kemampuan mereka sebagai penyanyi profesional.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?