GuidePedia

1

Fenomena artis yang terjun ke dunia politik entah itu jadi wakil rakyat di DPR maupun jadi kepala daerah selalu menyulut beragam tanggapan dari masyarakat. Ada yang pro dan ada juga yang kontra terhadap andilnya para artis di kancah perpolitikan negeri ini.

Tapi nyatanya, saat ini tak sedikit artis yang duduk di kursi DPR bahkan juga jadi kepala daerah. Tentu hal itu membuktikan bahwa rakyat memberikan kepercayaan pada merek. Meskipun profesi mereka sebelumnya adalah artis yang identik dengan kehidupan glamour dan berita-berita miring. Apa alasan para artis tersebut lebih dipercaya sebagai wakil rakyat? Simaklah informasi berikut ini.

1. Pribadi Yang Sudah Dikenal Masyarakat Luas

Ketenaran dan kepopuleran tentu saja menjadi alasan kuat kenapa para artis ini bisa lolos dan menjabat sebagai wakil rakyat. Karena profesianya sebagai artis maka tak heran jika sebagian besar masyarakat mengenal pribadi artis tersebut.



Meskipun banyak yang meragukan kemampuan artis tersebut, tapi tak sedikit pula yang akhirnya mulai percaya jika artis juga bisa diandalkan menjadi seorang wakil rakyat. Menurut Nurul Arifin seorang artis yang juga anggota DPR RI publik seharusnya tak ragu lagi memilih caleg dari kalangan artis karena kinerjanya sudah terbukti di pemerintahan-pemerintahan sebelumnya.

2. Dinilai lebih Tulus dan Nggak Itung-Itungan

Artis di DPR juga dipandang lebih baik daripada anggota legislatif yang berasal dari kalangan pengusaha. Menurut Uchok Sky Khadafi, seorang Koordinator Advokasi dan Investigasi Fitra prestasi Artis di DPR sudah membanggakan dan terlihat lebih vokal menyuarakan kepentingan rakyat.



Hal itu terlihat dari tingkat kehadiran dan tingkat keaktifan mereka mengikuti rapat. Biasanya para anggota DPR yang berasal dari kalangan pengusaha vokal hanya saat ada kepentingan saja sebaliknya jika tidak ada maka tak sedikit pula yang bolos rapat bahkan ada juga yang sampai titip absen karena harus mengurusi bisnis di luar.

3. Caleg Artis Sudah Ada sejak Dulu

Fenomena artis jadi anggota DPR bukanlah suatu hal yang baru sebenarnya praktik tersebut sudah dijalankan sejak masa-masa Orde Baru masih berkuasa. Di mana saat itu artis dipandang sangat potensial untuk meraup suara banyak sehingga partai politik berbondong-bondong mengusung para artis demi mendapatkan suara yang banyak dalam pemilu.



Meskipun awalnya seperti itu, tapi hingga kini terbukti Anggota DPR dari kalangan artis lebih bersih daripada para pengusaha atau birokrat. Karena dari sekian banyak artis yang duduk di DPR hanya segelintir yang terjerat kasus korupsi.

4. Memberikan Suasana Baru di Panggung Politik

Sampai saat ini dengan banyaknya para anggota DPR dari kalangan pengusaha dan birokrat yang mengecewakan rakyat karena terjerat berbagai macam pelanggaran hukum seperti korupsi dan skandal-skandal yang mencoreng kehormatan DPR. Maka tak heran jika rakyat mulai menaruh kepercayaan pada para artis.



Dengan hadirnya artis di DPR rakyat diharapkan dapat memberikan suasana baru di panggung politik Indonesia. Memang sampai saat ini masih banyak orang salah presepsi terhadap para artis ini padahal artis tak selalu identik dengan hal-hal yang negatif. Banyak juga artis yang berpengalaman di masyarakat dan memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi.

Itulah beberapa alasan kenapa para artis lebih dipercaya sebagai wakil rakyat saat ini ketimbang para pengusaha maupun birokrat. Tapi meskipun begitu harapannya para parpol juga nggak asal comot artis untuk dijadikan calon legislatif hanya karena alasan ketenaran. Berbagai pertimbangan seperti pendidikan pengalaman dan kepribadian yang baik juga harus diperhatikan.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?