GuidePedia

0


Domain internet, selain menjadi alamat dan identitas kegiatan usaha secara daring, kini juga mulai dipandang sebagai bagian dari branding, prestise, dan legalitas psikologis dalam dunia usaha. Untuk menjangkau para pelaku usaha di bidang supranatural, domain .gho.ib telah siap untuk dijual dan digunakan. (photo courtesy usnews.com)

LOS ANGELES, – Para pelaku usaha di bidang paranormal dan supranatural tidak lama lagi akan berkesempatan untuk mendapatkan nama domain khusus, yaitu .gho.ib. Informasi ini dikeluarkan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), badan nirlaba yang bertugas untuk melakukan koordinasi dan pengelolaan basis data dan protokol nama di internet.

Juru bicara ICANN, Mary Vistok, mengatakan bahwa langkah menerbitkan domain .gho.ib dimaksudkan untuk meningkatkan ketertarikan serta memperluas jangkauan dunia usaha di bidang supranatural terhadap penggunaan internet.

“Kita tidak dapat memungkiri masih banyak individu dan kelompok di berbagai negara, terutama negara berkembang dan dunia ketiga, yang masih mempraktekkan kegiatan paranormal dan supranatural sebagai bentuk usaha dan mata pencaharian. Jumlah potensi pasarnya pun cukup besar, sehingga domain untuk bidang usaha ini dianggap layak untuk berdiri sendiri,” paparnya dalam konferensi pers di markas ICANN, di Playa Vista, Los Angeles, Amerika Serikat, hari Jumat lalu (16/10).

Penggunaan istilah .gho.ib sebagai nama domain, diakuinya, terinspirasi dari negara-negara berkembang dan dunia ketiga tersebut, terutama Indonesia. Kata ‘gaib’ dalam Bahasa Indonesia dipilih sebagai perwakilan domain supranatural karena dianggap unik dan mudah diucapkan.

Sebagai pertimbangan ICANN, Vistok menyebutkan pertumbuhan pengguna internet yang pesat di Indonesia juga menjadi alasan. “Kami sempat memikirkan domain .voo.doo, tapi pilihan terakhir jatuh kepada .gho.ib karena lebih mudah diucapkan dan lebih familiar karena banyak situs yang juga menggunakan domain berawalan .go di berbagai negara, terutama situs pemerintah. Di negara-negara berkembang dan dunia ketiga, seperti Indonesia, domain baru ini sangat cocok karena eratnya hubungan pemerintahan dan unsur supranatural, seperti kebijakan-kebijakan, keputusan, dan logika berpikir pemerintah yang gaib, tiba-tiba, dan tidak dapat dijelaskan dengan akal dan sains karena tidak hadirnya konsistensi.”

Menutup konpers tersebut, ia menyebutkan bahwa ICANN tengah mempersiapkan domain-domain lain untuk kebutuhan stereotipe partai politik, organisasi politik, dan politisi secara umum, di antaranya adalah domain .bul.sht, .dck.hd, .li.ar, .thi.ef, dan as.hl.

Vistok juga menegaskan bahwa domain-domain ini tidak bersifat wajib bagi pelaku usahanya, dan harus digunakan dengan cara yang bijaksana dan tidak merugikan orang lain.

Sambutan positif di Indonesia

Para pelaku usaha bidang supranatural di Indonesia mengaku menyambut positif tawaran domain .gho.ib ini. Direktur pemasaran Bank Paranatura Internasional, Cagak Cahyanto, menilai bahwa gebrakan terakhir dari ICANN ini akan membuat dunia paranormal dan supranatural Indonesia semakin bergairah.

“Kondisi ekonomi global yang kurang baik sebenarnya justru membawa keberuntungan bagi para nasabah dan klien kami, karena di tengah kebingungan dalam berusaha, banyak yang berpaling kepada wangsit dan dukun untuk urusan kesejahteraan. Dengan adanya domain baru ini, kami bisa memasukkannya ke dalam paket starter pack kredit usaha dari bank kami yang memang fokus dalam pembiayaan usaha supranatural. Para klien kami bisa lebih percaya diri dan bangga dalam membuat dan membiayai website yang menjadi wajah dari usahanya,” jelasnya. (SMG)


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?