GuidePedia

0


SENJATA DARI AMERIKA!

Fact: Semua senjata produksi atau kiriman dari Amerika bagi pejuang Suriah dibeli oleh Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Turki serta negara-negara lainnya yang pro pejuang Suriah.

Jadi bukan pengasih gratis dari negara kapitalis nan bakhil itu, Melainkan pemberian Saudi-Turki dkk.

Dikira Amerika segitu baiknya apa ya mau ngasih bedil gratis buat pejuang Suriah?!

"Tapi kan itu punya Amerika!"

Lha iya kalo punya Amerika terus mau apa? Malah bagus to? Canggih!

Lagian suka-suka yang ngasih dong, Mau senjata Amerika kek, Rusia kek, China kek. Namanya dia yang punya duit! Saya doain sukur-sukur besok Saudi mau ngasih senjata Pindad TNI yang terkenal hebat itu, biar nama Indonesia makin harum.

Jadi ente yang ga ikut ngasih, Jangan ikut protes!

*dari fb Fathi Yazid Attamimi (Relawan Indonesia di Suriah)

***

Rudal Anti Tank TOW, Senjata Andalan Mujahidin Suriah

Kemarin di beranda saya ramai beberapa teman membagikan berita suksesnya mujahidin di Suriah menahan gempuran tentara rezim Bashar Al Asad yang dibantu oleh Rusia di provinsi Hama. Dikabarkan mujahidin berhasil merontokkan tank-tank musuh dan berhasil memukul mundur pasukan tersebut, penasaran saya pun mencari tahu faktor-faktor pendukung kemenangan tersebut, tentu saja semuanya tak lepas dari kehendak Allah.

Dari semua faktor-faktor tersebut muncullah primadona baru di kancah pertempuran ini, tak lain dan tak bukan ia adalah rudal anti Tank TOW

Mari kita bahas sedikit tentang rudal anti tank ini yang saya ambil dari beberapa sumber.

Nama lengkap rudal ini adalah BGM-71 TOW (Tube-launched, Optically-tracked, Wire-guided).

Kemampuannya untuk menembakkan rudal TOW 2A, TOW 2B, TOW 2B Aero dan TOW Bunker Buster menjadikan sistem rudal TOW menjadi salah satu sistem senjata anti tank terbaik di dunia.


Rudal TOW juga dapat dilengkapi dengan hulu ledak tandem atau penetrator eksplosif (EFP). Rudal TOW2 dapat diluncurkan dari tripod darat, kendaran dan helikopter dengan jangkauan maksimum 4.200 meter.

Saat ini, sistem rudal TOW sudah digunakan lebih dari 40 pasukan militer dunia dan telah dipasang pada lebih dari 15.000 kendaraan darat dan helikopter. Sistem rudal ini utamanya digunakan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat pada kendaraan darat seperti kendaraan lapis baja Stryker, Bradley dan HMMWV.

Rudal TOW adalah rudal yang benar-benar dapat merusak tank, kendaraan lapis baja, ia tidak seperti RPG (senjata lainnya yang biasa digunakan untuk menghancurkan lapis baja) rudal TOW dapat digunakan dari jarak yang cukup jauh.

Spesifikasi lengkapnya :

- Type : Anti-tank missile
- Negara Asal : Amerika Serikat
- Sejarah penggunaan : mulai 1970 hingga sekarang
- Diproduksi dan didesain oleh : Hughes Aircraft Company
- Dirancang tahun : 1963 – 1968
- Panjang : 1,16-1,17 m (probe dilipat ) 1,41-1,51 m (probe diperpanjang )
- Diameter : 0,152 m
- Berat hulu ledak : 3,9-6,14 kg
- Lebar sayap : 0,46 m
- Jangkauan tembak maksimal : 4.200 m
- Kecepatan : 278-320 m/s
- Roket dipandu oleh sistem optik

Wow, keren ya speknya, dan beredar kabar dari seorang Wartawan BBC Frank Gardner yang menuliskan dilaman twitter-nya bahwa seorang pejabat Saudi telah mengkonfirmasi pengiriman 500 rudal anti-tank tipe TOW kepada Mujahidin Suriah.

Tidak tanggung-tanggung 500 buah! Saya kembali penasaran kira-kira berapa sih harga 1 unitnya? Maka setelah googling ternyata tak ada info berapa harga pastinya, tapi sebagai gambaran kalau mau kita bandingkan dengan rudal anti tank yang selevel seperti Javelin harga satu peluncur dan pelacak Javelin dibanderol US$ 126 ribu atau sekitar Rp 1,2 miliar. Sementara rudal Javelin satuannya seharga US$ 78 ribu atau sekitar Rp 756 juta, nah kalikan saja dengan 500! 

Mahal ya modal buat menang perang, itu baru satu jenis persenjataan belum persenjataan yang lain lagi.

So, modal perang itu bukan cuma semangat saja, banyak faktor-faktor pendukung yang harus kita miliki, salah satunya adalah persenjataan yang memadai untuk menandingi musuh.

(Danu Gunawan)


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?