GuidePedia

0


Ikan bakar a la warung seafood kaki lima selalu terasa enak. Bagian luarnya renyah garing, sementara daging ikannya tetap lembut. Apa saja hal yang perlu diperhatikan untuk membuat ikan bakar ini?

Untuk mengetahui tips membuat ikan bakar yang enak, Aing (07/10) menyambangi Abeng, pemilik warung tenda seafood Santiga yang sudah berjualan sejak tahun 1989.

1. Memilih dan menyimpan ikan

Abeng yang memulai usahanya di Bendungan Hilir ini mengatakan ikan yang segar jadi kunci kelezatan ikan bakar. Ia rutin belanja ikan sendiri di kawasan Tangerang. “Jangan pilih ikan yang sudah dibekukan, pilih yang benar-benar masih segar.”

Untuk penyimpanan, Abeng tidak merekomendasikan menyimpan ikan dalam freezer. “Lebih baik simpan ikan dalam boks berisi es batu. Jika di freezer, ikan jadi matang. Ketika dibakar, ya jadi tambah matang. Ini membuat daging ikan jadi hancur ketika dibakar,” jelas Abeng yang kini sibuk mengelola Santiga di lokasi baru, yaitu Fatmawati.


2. Cuci ikan
“Supaya ikan bersih dan segar, cuci ikan dalam rendaman air lemon dan garam,” jelas Abeng. Menurutnya, cara ini juga membuat ikan bakar beraroma lebih sedap.

3. Memilih bumbu
Bumbu ikan bakar umumnya berupa bumbu kuning yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, jahe, kunyit, dan kemiri. “Biar lebih enak, jangan beli bumbu jadi. Giling bumbu sendiri supaya kesegaran dan kualitasnya bagus,” saran Abeng.


4. Cara membakar
Membakar ikan ternyata perlu teknik khusus. Abeng menjelaskan, “Ikan diletakkan di atas bakaran. Nggak perlu kasih apapun. Bakar sebentar hingga agak kering, setelah itu baru olesi bumbu.” Lama membakar ikan juga harus pas, tidak boleh terlalu lama atau terlalu sebentar. “Kalau terlalu sebentar, nanti bagian dalamnya masih basah,” terang Abeng. Ia memperkirakan sekitar 10 menit untuk membakar ikan hingga matang.


5. Jarak bara
Ketika membakar, pastikan jarak ikan dengan bara api tidak terlalu dekat ataupun jauh. “Kira-kira 10-12 cm,” ujar Abeng yang kini memiliki 12 pegawai untuk menjalankan usahanya ini.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?