GuidePedia

0


Taman rekreasi komunis di Tiongkok (Getty Images)

Wuhan - Kota Wuhan di Provinsi Hubei, Tiongkok baru-baru ini mencuri perhatian wisatawan. Di sana baru saja dibuka 'Communist Party Theme Park' alias taman rekreasi komunis. Kecaman pun berdatangan.

Dilansir dari CNN Travel, Jumat (9/10/2015) taman rekreasi komunis tersebut punya luas 300 ribu meter persegi. Pada tanggal 28 September bulan lalu, tamannya baru saja diresmikan dan dibuka untuk umum.

Karena namanya taman rekreasi, suasana tamannya dibuat senyaman dan seimut mungkin. Para tentara berseragam komunis yang lengkap dengan simbol bintang berwarna merah, mukanya saja berambar anak-anak. Tidak sangar.

Di taman rekreasi komunis ini, pengunjung bisa ikut tur untuk mengenal tokoh-tokoh dari anggota Partai Komunis China dan menampilkan sejarah PKC. Tepatnya, sejarah dari tahun 1921 sampai tahun 2014. Agar atmosfer komunis makin berasa, mereka yang ikut tur akan diberi seragam komunis!


Tujuan dari taman rekreasi komunis ini adalah mengenalkan nilai-nilai sosialis. Termasuk di dalamnya soal kesejahteraan, demokrasi, kesopanan, harmoni, kebebasan, kesetaraan, keadilan, supremasi hukum dan patriotisme.

Tapi sayang, kemunculan taman rekreasi komunis ini menimbulkan pro kontra. Ada yang setuju karena bisa mengedukasi, tapi tak sedikit juga yang tidak setuju. Bahkan, masyarakat Tiongkok sendiri kebanyakan memprotes adanya taman seperti itu.

Masyarakat Tiongkok menyebut, taman rekreasi komunis bagaikan tempat cuci otak paham komunis untuk anak-anak. Buktinya, terdapat salah satu atraksi yang dapat diikuti anak-anak atau wisatawan yang masih pelajar berupa sumpah untuk bergabung di Communist Youth League (Liga Pemuda Komunis) dan di partai komunis.

Sepertinya, semua kembali ke pribadi wisatawan masing-masing. Taman rekreasi komunis ini sebenarnya nyaman didatangi karena rindang dan berada di kawasan pesisir. Namun untuk nilai-nilai komunis yang terpampang, silakan ditelaah terlebih dulu.




Post a Comment Blogger

Beli yuk ?