GuidePedia

0


Sebagian besar kuman di kamar mandi memang tidak berbahaya. Tapi beberapa jenis patogen yang bisa menyebabkan kita sakit.

Mungkin Anda pernah melihat iklan cairan antikuman yang menampilkan "kuman-kuman" berbentuk seperti monster kecil berwarna hijau atau merah, lengkap dengan duri-durinya. Sayangnya, dalam dunia nyata melihat kuman adalah hal yang mustahil.

Walau kuman-kuman ada di sekitar kita, tapi mereka kasat mata. Setiap tempat yang lembab merupakan favorit kuman, terutama di kamar mandi. Sebagian besar kuman di kamar mandi memang tidak berbahaya. Tapi beberapa jenis patogen yang bisa menyebabkan kita sakit. 

Kenali penyakit apa yang bisa ditimbulkan oleh kuman dan bakteri dari kamar mandi.

1. Virus pencernaan
Virus pencernaan seperti norovirus atau gastroentritis bisa menyebar melalui feses dan cairan muntah. Kontaminasi bisa bersumber dari tangan, dudukan toilet atau di permukaan yang disentuh oleh orang yang terinfeksi virusnya. 

"Norovirus sangat mudah berpindah antara orang. Semakin lembab lingkungannya, makin mereka menyukainya," kata Sallu Bloomfield, ketua International Scientific Forum on Home Gygiene.

2. Patogen bakteri enteric
Ini adalah organisme yang menyebar melalui makanan terkontaminasi dan juga bisa terbawa oleh feses dan muntah. Patogen yang masuk dalam kelompok ini adalah E.coli dan salmonela.

3. Patogen kulit
Jika patogen kulit masuk ke kulit yang terluka atau borok seseorang yang menderita eksim, kuman ini akan memproduksi infeksi lokal. Yang terburuk adalah masuk dalam peredaran darah. Kuman paling berbahaya adalah MRSA (methicillin-resistant sthapylococcus aureus). Bakteri ini sulit diatasi karena sudah kebal pada antibiotik.

"Patogen ini bisa berkoloni di kulit dan ditularkan ke anggota keluarga lain. Masalah timbul jika orang lanjut usia atau orang yang sistem imunnya lemah memiliki luka lalu terinfeksi MRSA," katanya.

4. Jamur kulit
Jamur seperti penyebab penyakit kaki atlet bisa menular antar anggota keluarga yang tidak memakai alas kaki di kamar mandi. Mencampurkan kaos kaki yang sudah dipakai seharian di tumpukan cucian kotor juga bisa menularkan jamur.

5. Virus pernapasan
Ini adalah virus yang bisa menyebabkan flu dan salesma. Biasanya menyebar melalui batuk, bersin, atau cairan hidung. Kamar mandi adalah lingkungan yang ideal bagi mereka untuk menyebar melalui permukaan yang disentuh tangan.

Cara terbaik untuk menghilangkan bakteri adalah dengan rutin membersihkan semua permukaan di kamar mandi seminggu sekali dan pembersihan secara lebih seksama sebulan sekali. Selain itu, perhatikan area shower dan tirai. 

Cuci tangan dengan sabun sebelum menyikat gigi atau setelah menggunakan toilet. Gantilah sikat gigi secara teratur dan juga saat ada anggota keluarga yang sakit.

(WEBMD/kompas.com)


Sumberlanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?