GuidePedia

0


Teknologi skateboard terbang mungkin hanya ada dalam film fiksi ilmiah “Back to the Future” karya Robert Zemeckis yang menjadi box office pada tahun ‘80-an. Skateboard terbang yang disebut hoverboard ini dapat melayang di udara dan digunakan sebagai penunjang manusia dalam beraktivitas.

Kini, tampaknya benda tersebut bukan lagi sebuah khayalan, melainkan jadi kenyataan. Ark Pax, perusahaan kecil di Los Gatos, California, Amerika Serikat, mencoba menciptakan hoverboard ke dalam dunia nyata. Hoverboard tersebut dinamakan Hendo Hoverboard. Hendo Hoverboard merupakan skateboard terbang yang diciptakan oleh Greg Henderson, ilmuwan asal Amerika Serikat yang juga menjadi pemilik Ark Pax.

Dilansir dari Compfestwebid, Rabu (17/6/2015), terinspirasi dari film “Back to the Future”, Hendo Hoverboard menggunakan magnet untuk melayang di atas tanah. Di dalamnya terdapat empat buah mesin berbentuk cakram yang menghasilkan medan magnet khusus yang saling mendorong sehingga papan dapat melayang. Teknologi ini menggunakan teknologi serupa dengan kereta magnet yang saat ini beroperasi di Asia.

Hendo Hoverboard saat ini masih dalam bentuk prototipe dengan berat 40 kg, dan skateboard ini sementara belum bisa berjalan di atas aspal dan hanya bisa melayang di atas lantai yang terbuat dari logam nonferrous seperti tembaga dan alumunium. Hendo Hoverboard dapat melayang sejauh 3 cm dan mampu membawa beban hingga 140 kg selama sekitar 15 menit.

Setelah merancang Hendo Hoverboard, Ark Pax juga berencana untuk mendirikan Hoverpark, di mana setiap orang dapat menyewa skateboard terbang ini dan melayang di udara selayaknya seperti dalam film “Back to the Future”. Mereka juga berencana untuk meluncurkan Hendo Hoverboard kepada khalayak pada tanggal 21 Oktober 2016 mendatang. Saat ini sebenarnya Hendo Hoverboard sudah dapat dipesan melalui situs Kickstarter dengan harga yang dibanderol USD 10 ribu atau sekitar Rp 120 juta. Tertarik membelinya? Atau lebih baik membeli mobil saja?



Kamu bisa lihat peragaan Hendo Hoverboard pada video berikut ini.




Post a Comment Blogger

Beli yuk ?