GuidePedia

0

Sekitar 420 batuginjal berhasil dikeluarkan dari seorang pria berusia 55 tahun di Dongyang, propinsi Zhejiang, China.

Dalam dunia makanan, tidak ada yg lebih lezat dari tahu, dengan campuran warna sekaligus rasanya, permukaan yg lembut, dan jumlah kalori yg rendah. Malah, kalo aboi makan tahu dalam keseharian aboi kebanyakan orang akan bilang itu adalah sebuah gaya hidup yg sehat.

Tapi jangan cepet ambil kesimpulan dulu boi ! Semua yg kelihatan bagus, lezat dan informasi gizi yg hebat bisa saja menipu loh. Tanya aja sama pecinta-tahu-berumur-55-tahun ini, yg seiring berjalannya waktu mengubah ginjelnya menjadi tempat koleksi batu dengan 500 batu ginjal di dalemnya sekaligus!

Penduduk Zhejiang, China ini memang pernah menderita batu ginjal di masa lalunya, dan sudah ditembak pake gelombang ultrasonik waktu itu. Akan tetapi, dua tahun setelah itu dia mengalami kesakitan luar biasa di perutnya.

Cuman dia gak peduliin dan terus makan tahu hariannya dalam jumlah yg edun, sudah begitu dia juga kurang minum boi, bahkan untuk ukuran orang normal. Dan saat ciloko itu tiba, di mana dia tidak bisa kencing sama sekali ! Sehingga dia dilariken ke RS.

Staf medis segera melakukan sebuah CT scan yg lantas menemukan adanya kantong mirip permen atau kerikil. Karena adanya resiko penyumbatan maka segera dilaksanakan operasi bedah sesegera mungkin.

Sebuah tim yg diketuai oleh Dr. Wei kemudian mencari selama hampir 2 jam operasi, dan menemukan buanyak sekali batu ginjal yg cukup buat kandang kura-kura piaraan ! Dr. Wei bilang bahwa setidaknya ada 420 batu. Pasti sebuah jumlah yg bikin wartawan paling ngawur pun heran.

Sudah gitu kata Dr. Wei ini belum termasuk batu2 kecil yg sudah disedot sama vacuum. Diperkirakan jumlah totalnya ada sekitar 520 butir !

Beberapa butir berbentuk terlalu bulat, dari batu ginjal biasa yg biasanya berpermukaan tajam menakutkan.


Gambar di atas menunjukkan batu ginjal yg masih berpermukaan tajam. Sekali lagi, kemungkinan karena saking banyaknya batu di ginjel orang ini saling bergesekan dan berpantulan sehingga membuat permukaannya menjadi bulat halus dan kinclong.

Bener ato nggak, ini merupakan peringatan brutal untuk banyak-banyak minum. Tapi sebelum aboi ngebuang semua tahu di kulkas aboi, ingatlah bahwa proses pembikinan tahu tidaklah sama di berbagai tempat : orang ini makan tahu buatan Dongyang, Zhejiang, yg mengandung kalsium tinggi di banding tahu tempat lain. Digabung dengan kebiasaan harian dia yg males minum, maka jadilah kiamat kecil di perut orang ini...hii !!


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?