GuidePedia

0

Jakarta - Kurma dikenal sebagai salah satu buah termanis di dunia dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Saat bulan ramadan, aneka jenis kurma pun mudah ditemui. Kebanyakan merupakan jenis kurma kering yang berasal dari Tunisia atau Arab. Ada pula jenis kuma segar yang berwarna kuning dan agak kecokelatan.

Jenis kurma segar dan kering ternyata memiliki kandungan gizi yang berbeda. Lebih menyehatkan mana antara kurma segar atau kering? Seperti dilansir dari Livestrong(20/06/15), inilah perbedaan kurma segar dan kering.


1. Kalori

Kurma kering mengandung lebih banyak kalori dibandingkan kurma segar. Tiap 100 gr kurma kering mengandung sekitar 284 kalori, sementara 100 gr kurma segar hanya mengandung setengahnya yaitu 142 kalori. Jika Anda tak ingin asupan kalori berlebih maka kurma segar menjadi pilihan terbaik.


2. Protein, lemak, dan karbohidrat

Protein, lemak, dan karbohidrat merupakan zat gizi yang paling banyak dibutuhkan tubuh atau disebut zat gizi makro. Kandungan zat gizi makro antara kurma segar dan kering ternyata berbeda. Pada protein dan lemak bedanya tidak terlalu jauh, namun kurma kering mengandung 2 kali lebih banyak karbohidrat dibanding kurma segar. Kurma kering juga mengandung lebih banyak serat. Tiap 100 gr kurma segar mengandung: 1.8 gr protein, 1 gr lemak, 37 gr karbohidrat, dan 3.5 gr serat. Sementara 100 gr kurma kering mengandung: 2.8 gr protein, 0.6 gr gr lemak, 76 gr karbohidrat, dan 5 gr serat.



3. Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh tubuh atau disebut zat gizi mikro. Kurma kering mengandung lebih banyak kalsium dan zat besi dibandingkan kurma segar. Namun kurma segar lebih tinggi kandungan vitamin C-nya dibandingkan kurma kering. Tiap 100 gr kurma segar mengandung 34 mg kalsium, 6 mg zat besi, dan 30 mg vitamin C. Sementara 10 gr kurma kering mengandung 81 mg kalsium, 8 mg zat besi, dan 0 mg vitamin C.

4. Lama penyimpanan

Jika disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas, kurma segar dapat bertahan hingga 8 bulan atau setahun jika disimpan dalam freezer. Sementara kurma kering memiliki masa penyimpanan lebih lama. Jika ditaruh kulkas dalam wadah tertutup, kurma kering dapat bertahan hingga 1 tahun atau bahkan 5 tahun jika disimpan dalam freezer.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?