GuidePedia

0
Foto: Wikipedia

Jakarta - Rempeyek yang renyah sangat pas dinikmati dengan nasi. Selain teri, ​bisa diganti ​dengan kacang tanah hingga udang rebon yang gurih. Cukup menyimpannya dalam wadah stoples dan menutupnya hingga rapat​. Saj​ian ini dapat bertahan hingga seminggu lebih.

Agar rempeyek yang dibuat garing, tipis dan empuk ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah mencampurkan adonan dengan santan​. M​enggorengnya dengan menaruh adonan di​ ​pinggir wajan dan menyiramnya dengan minyak hingga turun. Untuk lebih jelasnya, lihat cara membuatnya di sini.

Foto: Thinkstock

1. Bahan
Bahan rempeyek: 50 gr teri medan yang sudah dibersihkan, 5 lembar daun jeruk iris, 170 gr tepung beras, 1 btr kuning telur, 325 ml santan dari 1/2 butir kelapa, minyak secukupnya untuk menggoreng.

Bumbu: 2 siung bawang putih, 3 btr bawang merah, 1/2 sdt ketumbar, 3 btr kemiri sangrai, 2 sdt garam, 1cm kencur dan 1 cm kunyit bakar.

Foto: Thinkstock

2. Haluskan bumbu

Haluskan semua bumbu mulai dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, garam, kencur dan juga kunyit bakar sebelum dicampurkan ke dalam adonan.

Foto: Thinkstock

3. Buat adonan

Campur santan dan telur hingga rata. Di wadah berbeda, campurkan tepung beras dan bumbu halus, aduk hingga rata. Tuang campuran santan ke dalam tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

Foto: Thinkstock

4. Goreng rempeyek

Ambil satu sendok sayur adonan rempeyek dan taruh sedikit teri Medan diatasnya. Tuangkan adonan di pinggir wajan hingga melebar. Sirami dengan sedikit minyak sampai rempeyek lepas dan goreng hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan. Diamkan rempeyek hingga dingin dan masukkan dalam stoples tertutup agar tetap renyah. Rempeyek teri ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat dan juga sayur. Nyam!

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?