GuidePedia

0

Palembang Bakal Punya LRT Pertama di Indonesia?

Guna mendukung penyelenggaraan Asian Games ke-18 tahun 2018, Gubernur Sumatera Selatan Alex Nordin mengusulkan pembangunan angkutan massal cepat atau Light Rapid Transport (LRT) di kota Palembang sesegera mungkin.

“Berdasarkan studi, rasio kemacetan di Palembang sudah sangat parah. Sehingga kalau pembangunan LRT tidak dilakukan, para atlet atau pihak yang terlibat bisa terkunci di jalan,” kata Alex Nordin, seperti dikutip dari laman situs Sekretariat Kabinet, Rabu 13 Mei 2015.

Alex mengemukakan, pihaknya membutuhkan percepatan untuk merealisasikan pembangunan LRT itu, meskipun juga ada pembangunan jalan tol yang sudah groundbreaking, pembangunanflyover, dan perbaikan transportasi massal di darat.

Alex mengaku telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) permohonan untuk mempercepat pembangunan LRT dari Pelabuhan Udara Sutan Mahmud Badarudiin II (Palembang) menuju Gelanggang Olahraga (GOR) Jakabaring, pada saat Presiden hadir dalamgroundbreaking pembangunan tol Palembang, beberapa waktu lalu.

“Bapak Presiden setuju tinggal kerja terpadunya saja. Presiden bilang akan mulai 2016,” ungkap Alex.

Sementara itu, Perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan pihaknya tengah memikirkan pembiayaan proyek tersebut. Pasalnya, dikhawatirkan pihak swasta tidak tertarik pada proyek ini.

Untuk pembangunan LRT ini, dibutuhkan anggaran sebesar RP 7,2 triliun. Alex mengusulkan penyelenggara pembangunan diserahkan kepada pihak BUMN dengan tambahan modal melalui skema Penyertaan Modal Pemerintah (PMP).

Sumber

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?