GuidePedia

0

Cewek2 Korea Utara, cantik2 kan ?

Cewek pabrik Rusia terkuat, Maryana Naumova, pernah menulis surat ke Kim Jong-iL dan bertanya ke dia apakah dia bisa menunjukkan keadaan negaranya seperti yang diisukan oleh banyak orang sebagai negara paling terkucil. Jawabannya ternyata lebih cepat dari yang ia duga.


Gadis dari Moscow ini merupakan pemegang rekor dunia 2010-2013, dan dia masih merupakan anggota Komsomol dan bilang bahwa pelopor organisasi ini masih eksis di Russia.


Gadis ini menulis kepada Kim Jong-iL bahwa Russia tidak tahu banyak tentang Korea Utara, kesan orang hanya didapat dari TV dan Internet yg penuh dengan informasi palsu. Dia meminta ijin untuk bertemu para olahragawan Korea Utara dan anak-anak juga untuk menceritakan mereka tentang keadaan Russia serta dunia olahraganya dan iningin membandingkan dengan perkembangandunia olahraga di Korea Utara.

Maryana mengirim email ke keduataan Korea Utara dan dia sama sekali tidak menyangka akan dapat tanggapan hanya dalam dua minggu saja. Gak lama kemudian dengan diantar bapaknya dia sudah mengurus visa di kedutaan (turis yg lain butuh waktu berbulan2).

Omong2, semua ongkos perjalanan si Maryana ini ditanggung oleh kementrian Olahraga KORUT. Maryana sih gak ketemu langsung sama Kim Jong-iL pribadi, tapi berhasil mengunjungi tim Olimpiade negara itu.


Maryana bilang bahwa olahraga di KORUT dikembangkan dengan canggih, semua cabang olahraga punya ISTORA nya masing2 (walopun angkat berat belum punya). Mereka memberlakukan angkat berat hanya sebagai fitness saja walopun mereka menghormati Maryana.


Banyak stereotypes tentang KORUT terpatahkan selama perjalanan ini. Tidak ada nyanyian patriotik di jalanan contohnya. Tidak ada yang menyita HP nya. Dia pernah baca tentang kemiskinan akut tapi orang2 pada beli makanan, limun dan mengunyah permen karet, dan mereka punya uang cukup untuk beli roti…


Beberapa manula lebih suka rumah kecil daripada gedung2 tinggi besar.


Menurut cewek ini, Pyongyang hampir sunyi senyap di waktu siang, rakyat pada kerja dan belajar, di malam hari kota ini baru terasa hidup. Ada yang sedang minum bir di taman, lainnya pada olahraga di udara terbuka, orang2 ini mencintai olahraga.


Bapak si Maryana sangat terkesan dengan anak-anak TK KORUT, dia belum pernah bertemu dengan anak2 TK yang begitu ceria.



Maryana percaya bahwa olahraga bisa secara nyata menyatukanseluruh orang di dunia. Perjalanan berikutnya lebih ekstrim lagi, dia mau berkunjung ke Syria, di tengah peperangan. 




Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top