GuidePedia

Mulai cara melindungi ayam dari serangan goblin hingga sejarah kemaluan lelaki.


Penghargaan buku berjudul teraneh sedunia, Diagram Prize, tahun ini jatuh kepada Goblinproofing One’s Chicken Coop karya Reginald Bakeley dan Clint Marsh. Buku yang judulnya berarti “cara melindungi kandang ayam dari monster goblin” itu mendapat suara terbanyak dari pemilih online.


Sekitar 38 persen dari total 1.225 pemberi suara memilih buku karya Bakeley yang dijuluki “pemburu peri” itu. Posisi kedua jatuh kepada buku cara membuat kain penutup teko, How Tea Cosies Changed the World.

Sementara itu, di urutan ketiga, ada buku Tom Hickman, God’s Doodle: The Life and Times of the Penis. Ya, buku ini mengupas persoalan kemaluan pria itu sepanjang sejarah manusia.


“Buku-buku yang memenangi penghargaan ini barangkali bukan terbitan laris,” kata Ketua Panitia Diagram Prize, Philip Stone. “Tapi ini menunjukkan penulis dan penerbit masih berani berimajinasi, dan kreativitas itu perlu dirayakan.”


Stone menuturkan judul aneh sering kali menjadi kunci sukses sebuah buku. Ia mencontohkan buku berjudul A Short History of Tractors in Ukrainian atau Sejarah Singkat Traktor di Ukraina berhasil membetot perhatian pembaca.


Penganugerahan Diagram Prize dimulai pada perhelatan Frankfurt Book Fair 1978. Tahun lalu pemenangnya adalah buku resep masakan koki Thailand, Cooking with Poo.


Penulisnya, Saiyuud Diwong, biasa disapa Poo. Adapun buat orang Barat, judul itu berarti memasak dengan kotoran manusia.

Beli yuk ?

 
Top