GuidePedia


 

Jakarta - Arkeolog menemukan fakta baru soal bangunan di Gunung Padang. Ternyata ada susunan batu mirip kaki bangunan di situs yang terletak di Cianjur, Jabar itu.


“Tim Terpadu Riset Mandiri kembali menemukan susunan batuan di situs Gunung Padang. Temuan kali ini berupa struktur yang disusun menjadi semacam dinding batu. Dinding batu setinggi 1,5 meter ini diduga merupakan bagian bawah bangunan Gunung Padang,” jelas Ketua Tim yang juga Arkeolog Ali Akbar dalam keterangannya, Jumat (15/2/2013).

300px-Gunung_Padang_Site251993_3737712474276_1590222022_n 
 Ali mengungkapkan, temuan struktur di sisi utara tersebut serupa dengan struktur terasering di sisi tenggara dan timur yang telah ditemukan tim pada bulan Mei 2012.

“Temuan ini semakin menunjukkan bahwa bangunan Gunung Padang merupakan bangunan yang terdiri atas bagian puncak, yang kini menjadi objek wisata, bagian badan, dan kaki yang berbentuk terasering. Terasering berfungsi menopang, memperkuat, dan melapisi bagian atas dan bagian dalam bangunan agar tidak longsor,” urai arkeolog jebolan UI ini.


Menurut Ali, bagian puncak bangunan Gunung Padang terletak pada ketinggian 995 meter di atas permukaan air laut. Sementara, struktur yang baru ditemukan di sisi utara terletak pada ketinggian 885m dapl.


“Dengan demikian, tinggi bangunan Gunung Padang diperkirakan minimal setinggi 110 meter. Sebagai perbandingan, tinggi Candi Borobudur 34 meter,” imbuhnya.


Situs Gunung Padang ini memang tengah diselidiki. Ada yang menilai bahwa situs ini mirip piramida seperti di Mesir. Ada juga yang mengatakan bahwa Gunung Padang merupakan punden berundak. Kepastiannya, kita tunggu saja perkembangan dari arkeolog yang meneliti.


Beli yuk ?

 
Top