GuidePedia

0
merpati ma60

Siapa sih yang nggak mau tiket pesawat gratis? Terlebih seorang traveler yang doyan jalan-jalan, ada tiket murah aja kalapnya bukan main apalagi kalau ada tiket gratis. Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan tiket gratis tisss tanpa biaya sepeser pun yang saya keluarkan. Dalam rangka memperingati HUT Merpati ke-49, Merpati mengadakan kuis di twitter dengan hadiah tiket gratis pergi-pulang ke beberapa rute Merpati. Sebagai seorang traveler yang baik tentu saya cukup tergoda dong mengikuti kuis ini. Kuisnya cukup mudah, bukan berupa pertanyaan, undian, dan sejenisnya kok, tapi hanya berupa mempromosikan tweet dari akun @Merpati_Info dengan cara retweet. Ya saya cukup sadar sih promosi melalui retweet-retweet seperti ini sudah bukan jamannya lagi. Pasti follower bakal banyak yang teriak-teriak karena tweet saya membanjiri timeline mereka dengan promo dari Merpati tersebut. Karena sudah bertekat bulat jadi ya sudah, sementara abaikan dulu yang ngoceh-ngoceh *maafkan saya teman*.. Hihii.. Pemenang program kicau Merpati ini pun ditentukan hanya melalui jumlah tweet terbanyak. Tiga orang dengan tweet terbanyak akan mendapatkan tiket gratis. Tak disangka-sangka ternyata saya kebagian jadi pemenang waktu itu dengan total 180 tweet dalam sehari. Beuuh.. Nyampah bener nggak tuh? Terimakasih buat temen-temen yang udah sabar ngeliat sampah saya. :p

Setelah diumumkan memenangkan kuis saya cukup mengirim data diri berupa nama lengkap, email, nomor telepon, nomor identitas, dan alamat. Dua hari kemudian saya ditelepon oleh Mbak Zia, salah seorang staff Merpati untuk menanyakan rute perjalanan saya. Sayang sekali memang nggak banyak rute hadiahnya waktu itu. Kalau saya tidak salah hanya ada rute Bandung-Lampung vv, Bandung-Jogja vv, Bandung-Semarang vv, Bandung-Jakarta vv, Surabaya-Banyuwangi vv, dan Surabaya-Semarang vv. Yak sepertinya hadiahnya kebanyakan menjadi konsumsi orang-orang Bandung. Sementara dari Surabaya hanya ada dua rute saja. Awalnya saya ingin mengambil rute Surabaya-Semarang. Toh kebetulan disana juga ada teman, kalaupun mau menginap gampang. Sayang sekali rute Surabaya-Semarang baru saja tutup. Rute yang tersisa hanya Surabaya-Banyuwangi. Sepertinya nggak ada pilihan lain selain rute ini. Pengen sih ke Bandung lagi, tapi masa’ iya saya harus ke Semarang atau Jogja dulu. Padahal kan saya cuma punya libur Sabtu-Minggu. Dengan berat hati akhirnya harus memilih rute Surabaya-Banyuwangi berangkat tanggal 20 November 2011 dan pulang tanggal 21 November 2011. Nekat? Mungkin bisa dibilang iya. Tapi memang gini sih kalau jadi seorang traveler sekaligus aviation geek, lama nggak terbang kepala jadi senut-senut serasa sakau *lebay*.

Oke.. Rute dan tanggal keberangkatan sudah saya berikan kepada Mbak Zia, beberapa hari kemudian ada email masuk dari Mbak Zia. Yup itu adalah surat pengantar yang bisa digunakan mengambil tiket hadiah di kantor Merpati. Untuk mengambil tiket cukup dengan membawa print out surat pengantar dan kartu identitas. Saat saya datang ke kantor Merpati Surabaya yang terletak di Jalan Raya Darmo untuk mengambil hadiah tiket, staff yang ada disana malah kebingungan dan tanya dengan polosnya, “Hadiah apa ya mas?”. Errgghh.. Rupanya cabang Surabaya nggak tau kalau Merpati lagi ada program “Kicau Merpati” dalam rangka ulang tahun itu. Hasilnya saya nunggu agak lama karena staff harus crosscheck ke pusat. Gini nih ya kalau nggak ada koordinasi antara pusat dan cabang. Sebenarnya nunggu nggak lama-lama banget sih, paling juga 20 menitan. Akhirnya tiket Surabaya-Banyuwangi vv issued juga. Bener kok nggak keluar biaya sama sekali. Pajak dan biaya lain-lain juga sudah ditanggung oleh Merpati. Saya baru sadar setelah pulang dan mengecek kembali tiket yang saya dapatkan tadi. Disana tertulis tiket untuk STAFF, kemudian statusnya WAITLISTED. Artinya apa? Berarti status saya dalam penerbangan tersebut masuk dalam daftar tunggu. Kalau penumpang penuh dan tidak tersedia tempat duduk sama sekali artinya saya nggak bisa terbang pada hari tersebut. Tapi tiket tidak hangus dan saya bisa menggantinya di hari yang lain *pingsan*. Bisa dibilang status tiket nggak jelas. Hahai. Ya sudah lah, pasrah aja semoga penerbangan nggak full supaya saya bisa berangkat ke Banyuwangi. Sebelumnya thanks buat Merpati atas tiket gratisnya…..


http://www.wijanarko.net/2012/01/menang-program-kicau-merpati-dapet.html
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top