GuidePedia

0
MosqueLife: Nuansa Baru Jejaring Sosial Islami

"Anda menyukai Facebook? Anda mencintai al-Qur'an ? Jika ingin mewarnai Facebook dengan al-Qur'an, ada TOOL yang memudahkan ..."

Maraknya perkembangan dunia internet telah menghasilkan banyak aplikasi yang mampu menjalin hubungan sosial antar pengguna internet. Sebut saja situs jejaring sosial facebook yang saat ini lagi sangat booming ditengah pengguna internet dunia.

Tidak sedikit umat Islam mencoba membuat nuansa baru dalam dunia jejaring sosial dengan membuat situs jejaring sosial 'Islami'. Tercatat ada nahnumuslim.com, ruangmuslim.com dan masih banyak lagi situs sejenis yang dibuat kalangan Islam untuk umat Islam dalam rangka meramaikan dunia jejaring sosial di internet.

Danhari ini, situs jejaring sosial muslim asli Indonesia kembali dirilis.Dengan tajuk MosqueLife, situs jejaring sosial ini menampilkan nuansa baru dan beda dari situs jejaring sosial sejenis. Nuansa baru dalam situs jejaring sosial MosqueLife adalah adanya fasilitas check-in keAl-Quran. “Have you Check-In to al-Qur'an today? Lets commit a time to read, understand and practise al-Qur'an...,” terpampang di halaman utama Mosquelife.

Eka Budhi Suprasetiawan yang lebih dikenalsebagai Eko BS, dalam obrolannya dengan Eramuslim.com mengatakan bahwa situs jejaring sosial buatan dirinya dan rekan-rekannya ini lebih memfokuskan kepada pentingnya Check-in ke Al-Quran. Dan menegaskan bahwa situs MosqueLife mencoba mengikuti tren popularitas check-in seperti layanan yang disediakan oleh situs Foursquare.

“Sebenarnya layanan ini kami hadirkan untuk mewarnai Facebook dengan konten yangmenyegarkan,” kata Eko BS, dalam salah satu wawancara dengan VIVANews beberapa waktu yang lalu.

Kelebihan MosqueLife adalah adanya fasilitas untuk Check-in ke Al-Quran sehingga dengan fasilitas tersebut dapat membantu para Facebooker saling berbagi ayat-ayat Al-Quran kepada rekan-rekan mereka setiap hari, selain Facebooker dapat melihat ayat-ayat apa saja yang sedang hangat dibahas.

Menggunakan situs MosqueLife ini cukup mudah, para pengguna yang telah memiliki akun Facebook tinggal login ke MosqueLife menggunakan akun Facebooknya. Jika Facebooker dalam membaca ayat-ayat Al-Quran dan menemukan ayat yang menurutnya menarik untuk di share kepada rekan-rekannya, ia tinggal menekan tombol Check-In. Otomatis ayat Al-Quran tersebut akan dibagikan ke rekan-rekan Facebook lewat wall si pengguna.

Untuk saat iniMosqueLife baru bisa dimanfaatkan oleh pengguna PC Desktop atau notebook, namun kedepannya bisa juga diakses secara mobile lewat smartphone dan versi mobile-nya masih dalam tahap pengembangan.

"Visike depannya, MosqueLife akan mencoba menyatukan masjid-masjid dalam kolaborasi lintas organisasi bahkan lintas negara," kata Eko BS kepada Eramuslim.com.

MosqueLife.com adalah bagian dari proyek Muslim Information Technology Association (MIFTA) dalam melahirkan 500 enterpreneur IT. Proyek ini dikelola oleh Ketua Umum MIFTA Dedy Rahman.(fq)

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top