GuidePedia

0


DA LAT, — Nguyen Dua Hai, seorang lelaki Vietnam, mengidap tumor seberat 90 kilogram selama 10 tahun terakhir, Tuoi Tre News melaporkan, Rabu (2/11/2011).

Ukuran tumor itu sangat besar. Panjangnya saja mencapai 1,2 meter. Kondisi tersebut membuat Lelaki 31 tahun yang tinggal di kota Da Lat itu sulit bergerak. Bahkan, tidur pun dia harus berdiri.

Selama ini dia dirawat ibundanya yang berusia 61 tahun. Dia yang membantu Dua Hai melakukan kegiatan sehari-hari. Kepada Tuoi Tre News, sang ibu mengaku khawatir karena kondisi kesehatannya sendiri pun menurun.

Dua Hai dilahirkan sebagai bayi yang normal. Tumor itu baru terlihat saat dia berusia empat tahun. Kaki kanannya tumbuh secara tidak normal.

Ketika usianya 17 tahun, tumor itu sudah seberat 25 kilogram. Karena itu, kaki kanannya pun diamputasi setinggi lutut. Saat itu dokter di Rumah Sakit Umum Lam Dong belum mengetahui jenis kanker yang dideritanya.

Pada tahun 2001, di kaki yang sudah diamputasi itu tumbuh tumor baru yang terus tumbuh hingga saat ini panjangnya mencapai 1,2 meter dengan berat sekitar 90 kilogram.

Tumor itu melebar sampai ke punggungnya. Selain tidak bisa bergerak, Dua Hai harus menanggung rasa sakit yang luar biasa. Beberapa waktu lalu, tumornya itu robek sepanjang 5 cm dan mengeluarkan darah.Dua Hai dijadwalkan akan menjalani operasi pada 18 November nanti. Operasi itu akan dilakukan tim dokter gabungan dari Amerika Serikat dan Vietnam di Rumah Sakit Tumor Ho Chi Minh City. Diperkirakan operasi bakal berlangsung selama 10 sampai 12 jam. 


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?