GuidePedia

1


Para pelari super dari suku Tarahumara. © photobucket


wisbenbae.blogspot.com - Tarahumara, suku pribumi dari daerah barat laut Meksiko tengah menjadi bahan perbincangan di antara para peneliti. Pasalnya, suku ini memiliki kemampuan fisik yang luar biasa. Mereka mampu berlari sejauh 300 km sekali jalan, melebihi keahlian para atlet lari profesional yang sudah berlatih selama bertahun-tahun.

Kemampuan ini tak hanya ditemukan pada beberapa anggota suku. Hampir semua anggota suku Tarahumara mampu berlari dengan stamina bak manusia super. Rekor jarak yang dicetak oleh suku Tarahumara adalah 320 km dalam satu kali perjalanan. Mereka hampir tak beristirahat sama sekali. Kadang bahkan tak berhenti sedikitpun sampai garis finish.

Latar belakang di balik kemampuan suku Tarahumara yang luar biasa cukup menarik. Dilansir MensXP, suku tersebut memiliki pemukiman yang tersebar luas di bagian barat laut Meksiko. Mereka juga tak punya sarana transportasi yang memadai. Solusinya, warga Tarahumara melatih fisik mereka untuk menempuh jarak ratusan kilometer dalam waktu singkat.


Para pelari super dari suku Tarahumara reikiclass

Mengejar binatang buruan sendiri seperti rusa dan kalkun pun sudah biasa bagi mereka. Bisa jadi kemampuan mereka bahkan lebih baik daripada anjing pemburu. Mereka juga punya permainan khusus di mana bola dioper dari satu pemain ke pemain yang lain. Permainan ini biasanya berlangsung selama berhari-hari dan tidak diselipi waktu rehat sedikitpun.

Biasanya orang-orang Tarahumara hanya memakai Huaraches, alas kaki minim yang memungkinkan kontak maksimal antara kaki dan medan yang dilalui saat berlari. Tak jarang mereka berlari dengan kaki telanjang. Karena itulah suku Tarahumara juga menyebut diri mereka sendiri 'ramuri', artinya 'pelari tanpa alas kaki'. Uniknya, para pelari Tarahumara tak pernah mengalami cedera seperti yang dialami oleh para olahragawan.


Para pelari super dari suku Tarahumara photobucket

Keberadaan suku Tarahumara baru diketahui dunia beberapa waktu belakangan. Kisah mereka ditulis oleh jurnalis Amerika Serikat, Christopher McDougall dalam bukunya yang berjudul Born To Run: A Hidden Tribe, Super Athletes, And The Greatest Races The World Has Never Seen. Buku yang menuai status best seller ini akan segera diadaptasi ke layar lebar dengan bintang peraih Oscar, Matthew McConaughey.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?