GuidePedia

0


Suara dalam kepala. © medicaldaily.com

Wisbenbae.blogspot.com - Ketika kita membaca buku, chat di smartphone, atau membaca artikel di internet, sebuah suara seringkali muncul di kepala kita untuk menarasikan tiap kalimat. Mungkin ini halusinasi dan mungkin juga ini suara hati kita. Namun menurut sebuah studi, ini adalah hal yang benar.

Dilansir dari Medical Daily (25/2), Ruvanee Valhauer, seorang psikolog yang juga profesor di New York University, menganalisis sendiri berbagai variasi dari 'suara dalam kepala' dengan membaca 'Yahoo! Answers,' website tanya jawab terbesar di dunia.

Sang profesor mendapatkan 136 jawaban dari 24 pertanyaan tentang 'suara dalam kepala,' yang dilontarkan di forum tersebut, dari 2006 hingga 2014. Total 82,5 persen dari semua yang menjawab, mendengarkan 'suara dalam kepala' ketika mereka membaca dalam hati.

Dari angka yang mendengarkan suara tersebut, 13 persen di antaranya hanya mendengarkan beberapa kali, seperti contohnya ketika dia membaca sesuatu yang sangat menarik baginya. Sementara 10,6 persen dari total yang menjawab, mereka tak pernah mendengarkan suara apapun.

Hampir semua orang yang mendengarkan suara tersebut, mendengarkannya dengan jelas. Bahkan bisa mengidentifikasi kalau suara tersebut memiliki aksen yang tebal dan ketinggian volume tertentu. Beberapa yang lain mendengar suara mereka sendiri, dan beberapa yang lain tidak bisa mengontrol suara yang muncul di dalam kepala mereka.

Valhauer melakukan studi ini untuk mengetahui berbagai area yang 'tidak terjamah' di alam bawah sadar manusia. Sang profesor percaya bahwa hal ini dapat menjadi medium untuk mengerti soal halusinasi pendengaran yang biasa terjadi pada penyakit mental. Namun bagaimana pun hal ini belum terbukti berhubungan dengan 'suara dalam kepala,' karena hampir semua orang mengalaminya.

Sang profesor mendeskripsikan beberapa tipe 'suara dalam kepala,' dalam beberapa deskripsi berikut.
Terkadang kita mendengarkan seseorang yang selalu membacakan kita buku yang akhirnya jadi favorit kita. Seperti suara kakek, atau ayah.

Ketika kita membaca novel atau buku yang menceritakan sesuatu, kita mendengarkan suara yang kita pikir cocok dengan karakter yang digambarkan oleh buku tersebut.

Seringkali kita mendengar suara teman, atau orang yang kita kenal, yang cocok dengan karakter yang digambarkan cerita yang kita baca.

Terkadang juga suara yang di dengarkan adalah gabungan dari suara-suara dari seseorang yang memiliki suara sempurna, yang dapat menyamankan pikiran jika suara tersebut memberikan kita narasi dalam membaca.

Suara siapa yang Anda dengar?


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?