GuidePedia

0

Sianida sangat populer sebagai racun yang digunakan untuk pembunuhan atau bunuh diri. Berikut tokoh-tokoh yang menghabisi nyawanya dengan Sianida.


Alan Turing saat berusia 16 tahun. (Wikimedia Commons)


Beberapa waktu lalu, publik digegerkan oleh berita kematian seorang wanita bernama Wayan Mirna Salihin (27 tahun), setelah ia meminum es kopi Vietnam di salah satu café di Grand Indonesia.

Hasil penyelidikan dan otopsi yang dilakukan pihak berwenang mengungkapkan bahwa kopi yang diminum korban mengandung Sianida. Sianida atau Natrium Sianida (NaCN), merupakan bahan kimia berbentuk kristal kubus atau serbuk, granule, tidak berwarna hingga putih, berbau seperti almond. Jika kering tidak berbau, tetapi jika menyerap air berbau sianida.

Bahan kimia ini berakibat fatal bila terhirup atau tertelan. sianida menyerang semua jaringan sehingga tidak terjadi pertukaran oksigen atau disebut mengalami hipoksia yakni kekurangan oksigen dalam jaringan.

Sianida tampaknya juga sangat populer sebagai racun yang digunakan untuk pembunuhan atau bunuh diri. Berikut adalah tokoh-tokoh yang menghabisi nyawanya dengan racun sianida.

Alan Turing, Ahli Matematika Inggris

Beberapa dari kita mungkin ada yang menonton film ”The Imitation Game” pada tahun 2014 lalu? Film berlatar belakang kisah nyata tentang upaya Alan Turing dalam memecahkan kode Nazi pada masa perang dunia kedua ini berakhir tragis dengan kematian sang tokoh Alan Turing yang mati bunuh diri.

Alan Turing merupakan ahli matematika, logika dan kriptografer Inggris. Ia dihukum karena insiden Acts of Gross Indecency, setelah ia mengakui hubungan seksualnya dengan sesama jenis. Ia diberi pilihan penjara 18 bulan atau pengebirian kimia yang berefek pada pembesaran payudara.

Turing memilih pilihan kedua. Namun karena tak kuat menahan hinaan dan rasa sakit atas hukuman yang diterimanya, ia akhirnya memilih menghabisi nyawanya sendiri.


Pada 8 Juni 1954, pembantu Alan menemukan jasad Alan sudah tidak bernyawa diduga akibat sebuah apel yang mengandung racun sianida. Jasadnya dikremasi tanggal 12 Juni 1954. Penulis Biografinya, David Leavitt, berteori Alan sengaja melakonkan adegan Snow White yang ternyata merupakan dongeng favorit dari Alan Turing untuk menghabisi nyawanya sendiri.

Eva Braun, Istri Adolf Hitler

Pada 30 April 1945, Eva menghabisi nyawanya bersama dengan suaminya di dalam bungker saat tentara Uni Soviet mengejar mereka. Bedanya sang suami yang kekuasaannya nyaris runtuh tersebut menghabisi nyawa dengan menembak kepala, sementara Eva menenggak racun sianida. Keduanya tewas berdampingan. 

Jasad mereka dibawa menggunakan tandu melalui pintu keluar darurat bunker ke kebun belakang Reichskanzlei yang sudah hancur, kemudian ditempatkan di sebuah kawah bom dan disiram bensin. Kedua jasad kemudian dibakardiiringi suasana pengeboman oleh Angkatan Darat Merah Uni Soviet.

(Lutfi Fauziah/Sumber: Intisari-Online, Detik.com)


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?