GuidePedia

0


Power bank bertenaga air laut MyFC JAQ© MyFC

Sekarang ini selain menggunakan listrik dari stop kontak, beberapa power bank memiliki kemampuan untuk melakukan pengisian daya menggunakan tenaga sinar matahari.

Dalam acara Consumer Electronic Show (CES) 2016 lalu, sebuah perusahaan rintisan (start-up) dari Swedia bernama MyFC memamerkan sebuah teknologi baru dalam duniapower bank. JAQ merupakan sebuah gawai penyimpan energi portabel yang memanfaatkan air laut dan oksigen sebagai bahan utama pengisisan daya.

Power bank ini memiliki desain yang unik, dengan dua bagian terpisah. Yang satu berbentuk seperti kartu kredit bernama "power card", satu lagi semacam kantong seukuran ponsel.

JAQ memiliki konsep mengkonversi energi kimia menjadi energi listrik untuk dapat mengecas ponsel, dengan mengkombinasikan dua reaktan (pereaksi kimia) yakni hidrogen dan oksigen dalam wadah tertutup, dalam hal ini power card tersebut.

Kartu ini menjadi wadah penyimpan air laut, yang menjadi sumber utama penghasil listrik, dan kartu tersebut akan diselipkan kedalam kantong untuk memulai proses konversi energi.

Atom hidrogen dari air laut di kartu akan memasuki fuel cell di anoda (elektroda penghantar listrik), di mana reaksi kimia akan memisahkannya dari elektron-elektron yang ada (penjelasan lebih detail dapat dibaca langsung di situs MyFC). Hasil reaksi kimia inilah yang memberikan tenaga listrik untuk dapat dihantarkan ke ponsel seperti layaknyapower bank konvensional.

Satu power card memiliki kapasitas sekitar 1.800mAh yang berarti dapat mengisi baterai iPhone 6s hingga penuh. Untuk gawai lain yang memiliki baterai lebih besar, tetap dapat melakukan proses cas dengan JAQ namun membutuhkan lebih dari satu kartu.

Air laut berikut kartu yang telah digunakan tidak lagi dapat menyediakan energi, jadi setelah pengecasan selesai, pengguna harus mengganti dengan air laut dan power cardbaru.

Saat ini MyFC belum menjual JAQ, namun mereka akan mengusahakan agar siap dikapalkan pada akhir tahun 2016.

Jika sudah dijual, MyFC berencana akan memberlakukan sistem berlangganan untukpower card tiap bulan. Sehingga pengguna tidak perlu repot untuk mencari dan membeli lagi dan lagi setiap ingin menggunakan JAQ.

MyFC bertujuan untuk dapat menciptakan cara yang lebih ramah lingkungan untuk memproduksi listrik karena tidak menggunakan bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara), dan tidak menghasilkan residu karena power card terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang.

Namun power card juga dapat dibeli secara terpisah dengan harga satuannya sekitar USD1.50, seperti yang diutarakan pihak MyFC ke LiveScience Sabtu (9/1/2016).


Power bank bertenaga air laut MyFC JAQ© MyFC


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?