GuidePedia

0


Jika bosan memotong pizza dari bagian tengah lingkaran ke ujung, coba teknik memotong pizza dari matematikawan ini. Pizza tampil menarik dengan bentuk tak biasa.

Umumnya pizza dipotong lurus dengan titik tengah lingkaran sebagai pusatnya. Bagi beberapa orang cara ini dianggap kurang efektif​.​ ​K​arena mungkin saja ada orang yang menginginkan lebih banyak topping di bagian tengah atau justru ingin bagian pinggir yang lebih banyak.

Masalah tersebut dapat diatasi dengan teknik memotong pizza yang ditemukan dua orang matematikawan. Teknik bernama monohedral disc tiling ini menghasilkan 12 potong pizza identik dengan 6 potong berada di luar bintang dan 6 potong lagi berada di dalam bintang, seperti ditunjukkan gambar berikut.




Matematikawan Joel Haddley dan Stephen Worsley dari Universitas Liverpool, Inggris menyebarluaskan teknik memotong pizza ini untuk menghasilkan lebih banyak potongan pizza. Keduanya membuktikan teknik ini dapat menghasilkan lebih banyak lagi potongan pizza berjumlah ganjil.

Potongan pizza dikenal dengan sebutan 5-gons, 7-gons, hingga 9-gons. "Secara matematis, tidak ada batasan (jumlah) apapun" ujar Haddley.




Keduanya juga bereksperimen memotong ujung-ujung 5-gons pizza hingga menghasilkan potongan berbentuk aneh dan banyak, seperti gambar yang ditunjukkan berikut. "Ini sangat mengejutkan," komentar Haddley.



Seperti umumnya temuan matematis lain, penerapan teknik monohedral disc tiling belum terlalu jelas. Haddley berujar, "Saya tidak tahu apakah ada aplikasi yang dapat memotong pizza seperti ini." 

Namun Haddley sudah mempraktekkan sendiri teori ini dengan memotong pizza sungguhan. Hasilnya sangat menarik secara matematis. Anda juga dapat menghasilkan potongan pizza yang cantik.



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?