GuidePedia

0


Keuntungan dari hobi memasak bisa membuat tubuh sehat dan ramping.© El Nariz/Shutterstock

Jika Anda gemar memasak, maka Anda beruntung. Karena ternyata memasak termasuk satu dari 10 hobi yang direkomendasikan, seperti dilansir dari Sofeminine, bisa membantu Anda memiliki tubuh ramping.

Memasak, menjadi pilihan bagi Anda yang mengaku tidak memiliki waktu untuk berolah raga. Sebab, ketika saat memasak, Anda sudah membakar kalori.

Apalagi umumnya orang yang hobi memasak identik dengan kegemaran makan. Padahal ketika memasak, ada aktivitas yang memasak tubuh untuk bergerak.

Jika Anda masih meragukan bahwa memasak menjadi salah satu cara yang bisa membuat Anda sukses mendapatkan berat tubuh ideal, kami paparkan faktanya. 


Ketika Anda berada di dapur untuk menyiapkan masakan untuk anggota keluarga, maka Anda akan menggerakkan kaki untuk berjalan. Berjalan mengambil perlengkapan masak di kabinet, menuju menuju kulkas untuk mengambil bahan masak dan seterusnya.

Jumlah kalori yang dibakar ini dihitung mulai dari kegiatan menyiapkan bahan-bahan makanan, seperti mencuci, mengiris-iris, menghaluskan bumbu dengan ulekan, hingga memasak.


Reader's Digest menyebutkan bahwa menyelesaikan pekerjaan rumah tangga adalah cara efektif tanpa repot yang dapat membantu membakar kalori.

Memasak, bukan sekadar kegiatan yang menyenangkan, namun juga membuat Anda lebih cepat kurus. Memasak selama satu jam akan membakar sekitar 150 kalori.

Jadi, tidak hanya membuat Anda lebih ramping, gemar memasak juga baik untuk kesehatan. Selama proses memasak, Anda akan banyak dalam posisi berdiri. Ini akan melatih otot lengan dan kaki.

Makin banyak porsi makanan yang disiapkan, makin besar kalori yang dibakar. Persiapan yang lebih lama membuat tubuh semakin sering bergerak. Jadi mulailah untuk memasak untuk banyak orang.
Keuntungan masak sendiri

Seperti dilansir dari HealtFitnessRevolution, hobi memasak memberikan banyak keuntungan bagi diri sendiri dan anggota keluarga, misalnya:

1. Mengatur nutrisi

Dengan memasak sendiri artinya Anda sendiri yang mengatur nutrisi yang dikonsumsi oleh tubuh. Namun jika Anda menyantap sajian di rumah makan, Anda tidak dapat menakar jumlah pemanis, garam, minyak, dan penyedap yang dipakai.

2. Menambah pengetahuan

Makanan bukan sekadar sesuatu yang enak dan mengenyangkan perut. Sebaiknya Anda tahu manfaat setiap jenis masakan yang dikonsumsi. Hobi memasak membuat Anda memiliki wawasan seputar makanan dan kandungan nutrisi serta vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh.

3. Memperkuat keintiman

Menyiapkan sajikan untuk anggota keluarga dan menyantap bersama akan membuat Anda dan anggota keluarga lebih akrab. Ini juga merupakan alat mengajar yang efektif bagi orang tua untuk menanamkan kebiasaan makan yang sehat bagi seluruh anggota keluarga.

4. Menjaga kebersihan

Ya, dengan memasak sendiri, higienitas semua jenis makanan yang akan dimasak sudah pasti terjamin. Selain itu proses memasak dan perlengkapan masak yang digunakan juga dijamin bersih dan bebas dari kotoran.

5. Menghemat anggaran rumah tangga

Gemar memasak juga berdampak pada anggaran rumah tangga. Anda bisa lebih berhemat jika memasak sendiri daripada membeli makanan di restoran.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top