GuidePedia

0


Para anak band punya pertimbangan sendiri dalam menamakan grup musiknya. Tapi Aing lagi gelisah. Beberapa waktu kemaren band post-punk Kanada yang bernama Viet Cong dikecam publik internet karena namanya yang terlalu memancing kontroversi. Mereka sering banget dapat email berbau kebencian. 

Maka jadi kepikiran, siapa aja sih band yang namanya bikin kamu memprosesnya dulu dua atau tiga kali. "Kok begini ya namanya?". Aneh, unik, nyentrik, dan intimidatif. Perhitungan tersebut bisa memengaruhi kamu pas mau dengerin mereka, padahal sama sekali belom pernah menyimak musik mereka. Inilah mereka:

1. Someone Still Loves You Boris Yeltsin

Someone Still Loves You via survivingthegoldenage.com

Boris Yeltsin

Bayangan: Wah, antek-antek Rusia nih. Dari namanya aja udah mencerminkan bahwa mereka pendukung Presiden pertama Rusia sejak bubarnya Uni Soviet. Anti kemapanan!

Realita: Orang Amerika yang mainin indie pop dan terhitung sangat produktif karena sering ngerilis album sejak terbentuk di tahun 1999. Boris Yeltsin sih cukup jadi inspirasi nama aja.

2. Samsara Blues Experiment

Samsara Blues Experiment via theobelisk.net

Gondrongnya udah ngerock lah ya

Bayangan: Berat banget ini. Udah ada kata Samsara, ditambah Blues pula (musik orang tua kan tuh ya!), pake Experiment segala. Udah keder duluan deh pokoknya.

Realita: Kamu yang suka paduan stoner dan space rock yang membawa lamunan mengawang-awang, raungan gitar psych, dan gak mikirin durasi, cocoklah dengerin band ini. Oke punya. Eh, berat gak nih itungannya?

3. Godspeed You! Black Emperor

Godspeed You! Black Emperor via static.guim.co.uk

Misteriuz abiz

Bayangan: Ah, apa sih maksudnya bawa-bawa Godspeed. Terus kenapa ikutsertakan kerajaan item lagi. Gak jelas nih. Judul albumnya ada yang Allelujah! Don't Bend! Ascend!. Berseru melulu. Band ribet musiknya ribet juga nih.

Realita: Namanya diambil dari film dokumenter Jepang tahun 1976 yang berjudul serupa. Musiknya gak ribet sih, malah gak pake vokal. Cuma kamu kuat gak dengerin post-rock misterius dengan durasi lagu 20 menitan gitu. Gini-gini legend lho.

4. Dog Is Dead


Gak suka anjing ya


Bayangan: Pembunuh binatang nih! Anjing kan binatang peliharaan yang paling disayang orang. Tega-teganya dibunuh. Gak mau tau musiknya gimana. Pokoknya laporin WWF!

Realita: Katanya sih nama grup asli Nottingham, Inggris ini berdasarkan terinspirasi dari zaman sebelum ngeband. Sejak tahun lalu lebih milih untuk meyingkat jadi D.I.D aja. Ah kurang ya. Mendingan DYD (Do Your Dance) gak sih


5. !!!

Chk Chk Chk via thebartlettspokane.com

Band joget

Bayangan: Nama macam apa nih? Kok pake tanda seru semua? Gak jelas banget. Gimana coba bacanya. Males banget masa mikirin nama band.

Realita: Sebetulnya terinspirasi subtitle film The Gods Must Be Crazy. Bacanya "Chk Chk Chk".

6. The The


Si katob

Bayangan: Orang-orang mah bikin band abis kata The pasti abis itu kata lain yang keren gitu. Lah ini masa The lagi. Aneh dan males nih yang bikin.

Realita: Band lama nih, dibentuk oleh penyanyi-penulis lagu Matt Johnson pada 1979. Musiknya lebih ke kombinasi new wave dan post-punk gitu. Di 80an sih asik ya. Kalo buat zaman sekarang kayaknya udah gak nyambung ke anak muda.

7. And So I Watch You From Afar


Anak pendiem

Bayangan: Pedih banget. Cuma bisa ngelihat dari kejauhan. Pasti band galau nih.

Realita: Band post-rock keren yang walaupun gak seterkenal Explosions In the Sky atau Mogwai, tapi mereka termasuk perwakilan 2000an yang patut disimak bagi kamu pecinta musik instrumental yang doyan berselancar di internet dalam kesendirian.

Ada lagi yang mau nambahin nama band aneh? Langsung aja merapat ke kolom komentar ya.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?