GuidePedia

0


Apakah Anda masih menyimpan ponsel tua Anda? Jika masih, pasti ponsel tersebut hanya disimpan saja di lemari karena tidak perlukan lagi. Namun, ternyata ponsel 'jadul' yang sepertinya tidak berguna lagi, bisa berperan untuk menyelamatkan hutan hujan.

Rainforest Connection, sebuah organisasi yang mengumpulkan ponsel jadul, bisa mengubah mereka menjadi salah satu bahan untuk mendeteksi penebangan liar.

Cara ini bisa dibilang sangat cerdas. Ponsel jadul tersebut bisa dibongkar dan dihapus segala data yang ada di dalamnya. Kemudian, diprogram ulang serta ditambahkan panel surya, barulah siap di letakkan di puncak pohon.

Dengan ponsel tersebut, bukan berarti kita bisa mendengar semua percakapan pemburu pohon liar, namun ponsel ini bisa mendengarkan suara gergaji. Modifikasi ponsel ini dilengkapi mikrofon sensitif yang bisa mendengar suara gergaji hingga jarak 1,6 kilometer.

Ponsel ini akan mengirimkan sinyal ke lembaga lokal yang bertugas untuk melindungi hutan jika mendeteksi suara gergaji. Alat inovatif ini bisa membuat penebangan hutan liar bisa ditemukan dan dihentikan, sebelum terlalu banyak kerusakan yang terjadi.

Seperti dilansir dari The Manual, pihak Rainforest Connection mengatakan bahwa teknologi modifikasi dari ponsel jadul ini bisa melindungi 300 hektar hutan yang terancam punah. Hal ini setara dengan menghapus 3000 mobil di jalan untuk satu tahun.

Ya, kerusakan di hutan menjadi masalah utama di berbagai belahan dunia. Statistik PBB juga mengatakan bahwa perusakan hutan adalah penyebab utama perubahan iklim, dan banyak dari oknum tersebut yang menebang pohon secara ilegal.

Jika Anda mempunyai ponsel jadul yang tidak terpakai lagi, Anda bisa menyumbangkannya untuk ikut serta melindungi hutan, sekaligus mendukung kampanye ramah lingkungan. Namun, sepertinya ponsel jadul Anda harus termasuk 'smartphone'. Anda bisa mendonasikannyadi sini



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?