GuidePedia

0


Dalam bahasa Indonesia kamu tentu mengenal yang namanya kata sambung dong. Kalo kamu lupa apa itu kata sambung, sini biar Aing ingetin lagi. Jadi kata sambung atau yang juga dikenal dengan istilah konjungsi adalah kata atau ungkapan yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat: kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, atau kalimat dengan kalimat. Nah, ternyata ada 9 jenis kata sambung dalam bahasa Indonesia yang menginspirasi beberapa musisi sehingga menjadikannya sebagai judul lagu mereka. Nih langsung simak aja!

1. Dan - Sheila on 7



'Dan' adalah kata sambung yang kedudukannya sederajat atau setara. Fungsinya adalah untuk menggabungkan biasa. Nah, kata sambung atau penghubung ini jadi judul salah satu single hits Sheila on 7 yang ada di album pertama mereka Sheila on 7 (1999). 'Dan' jadi kata pertama di lagu tersebut.

2. Jika - Melly Goeslaw ft. Ari Lasso



Kata penghubung lain yang dijadikan judul lagu adalah 'jika'. Tepatnya oleh Melly Goeslaw yang berduet dengan Ari Lasso. Lagu yang dirilis tahun 1999 ini menjadi hits single dalam album solo Melly yang bertajuk sama dengan namanya. Nah, dalam bahasa Indonesia kata 'jika' ini berfungsi sebagai kata yang menghubungkan klausa dengan klausa yang kedudukannya bertingkat dibedakan. Tepatnya untuk menandai syarat.

3. Jikalau - NAIF



Musisi lain yang juga menggunakan kata penghubung sebagai judul lagunya adalah NAIF. Sama seperti kata 'jika', 'jikalau' juga kata penghubung yang menyatakan syarat. Lagu Jikalau sendiri ada di album NAIF yang bertajuk Titik Cerah yang dirilis tahun 2002.

4. Dan Ketika - Maliq & D'Essentials



Berbeda dengan tiga lagu sebelumnya, Maliq & D'Essentials memakai dua kata penghubung sekaligus dalam satu lagu. Kalo kata 'Dan' kan udah dibahas di lagu Sheila on 7, nah sekarang biarlah Aing kasih tahu kamu fungsi kata penghubung 'ketika'. Berada dalam satu kategori dengan 'jika' dan 'jikalau', tapi kata 'ketika' adalah kata penghubung yang menyatakan waktu. Sekelompok dengan kata 'sewaktu', 'sebelum', 'sesudah', dan 'tatkala'.

5. Hanya - Melly Goeslaw




Lagu yang ada dalam album soundtrack AADC? ini, judulnya juga termasuk kata penghubung lho. Kata penghubung 'hanya' dipake untuk menyatakan "menggabungkan-mengecualikan" di antara dua buah klausa. Contoh kalimatnya, "semua orang mau, hanya dia yang gak mau". Dalam lagu ini, kata 'hanya' cuma muncul sekali di awal aja.

6. Apalagi - Ruth Sahanaya



Mungkin kamu ada yang belum tahu sama lagu mbak Ute (sapaan akrab Ruth Sahanaya) ini. Lagu ini ada di albumnya yang bertajuk Kaulah Segalanya (1991) dengan hits single yang berjudul sama. Nah, kata 'apalagi' dalam bahasa Indonesia menjadi kata penghubung yang berfungsi untuk menggabungkan menegaskan.

7. Bila - Gigi



Kata penghubung 'bila' dipake Gigi menjadi judul lagunya di album Next Chapter (2006). Sesuai judulnya, lagu yang dibintangi Marsha Timothy dalam video klipnya ini bercerita tentang seorang yang kehilangan kekasihnya dan berharap dia bisa kembali. Ya, kata 'bila' punya fungsi yang sama dengan kata 'jika', yakni kata penghubung yang menyatakan syarat.

Bila kau memang milikku, cepatlah kau kembali ....

8. Dan Kemudian - Melly Goeslaw



Sama seperti Maliq & D'Essentials, Melly Goeslaw pake dua kata penghubung sekaligus dalam lagunya. Dan lagi-lagi lagu Melly Aing masukin ke dalam list, karena emang kebetulan pas sama tema artikelnya, ye kan? Lagian kok Melly seneng banget ya pake kata penghubung sebagai judul lagu-lagunya. Wah, coba dong bikin lagu dengan judul 'Atau', 'Supaya', 'Kecuali', atau 'Malah'. Biar makin banyak kata penghubung yang kepake jadi lagu.

9. Yank - Wali



Oke...oke...ini emang bukan kata sambung seperti lagu-lagu lainnya. Tapi kan anak alay sering nulis kata 'yang' pake huruf 'k' di belakangnya. Alias 'yank' gitu.

Eh by the way, kata 'yang' adalah kata penghubung subordinatif atributif. Sebagai pelengkap.

Ada lagu berjudul kata sambung lain yang belum dimasukkin? Silahkan share!


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?