GuidePedia

0



Kiri, Terrie Hall saat berusia 17 tahun ketika mulai merokok. Kanan, di usia 51 tahun terus berjuang melawan penyakitnya (http://edition.cnn.com)

Perokok beresiko 3,6 kali lebih besar untuk kehilangan gigi mereka dibandingkan dengan bukan perokok

Kebiasaan merokok memang memiliki daya rusak sangat tinggi pada tubuh. Salah satunya adalah membuat gigi lebih mudah tanggal. Demikian menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Dental Research.

Dalam penelitian tersebut terungkap, pria perokok beresiko 3,6 kali lebih besar untuk kehilangan gigi mereka dibandingkan dengan bukan perokok. Sementara pada wanita perokok risikonya 2,6 kali lebih tinggi.

Kaitan antara merokok dan gigi tanggal terutama lebih besar pada orang berusia muda. Data juga menunjukkan bahwa perokok berat memiliki risiko yang lebih besar dibanding orang yang merokok lebih sedikit.

"Kebanyakan gigi tanggal terjadi karena karies gigi (gigi berlubang) atau pun periodontitis kronik atau penyakit gusi," kata ketua peneliti Thomas dietrich, profesor dari Universitas Birmingham. 

Merokok memang jadi faktor risiko penyakit gusi. Gusi perokok bisa tampak sehat dari yang sebenarnya karena merokok bisa menutupi perdarahan pada gusi. 

"Penyakit gusi dan risiko gigi tanggal adalah efek paling terlihat pada kesehatan perokok. Ini mungkin bisa jadi motivasi untuk berhenti sebelum kondisi yang mengancam nyawa, seperti penyakit paru muncul," kata Kolade Oluwagbemigun dari German Institute of Human Nutrition.

(foxnews via kompas.com)

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?