GuidePedia

0


Namun, melupakan nama orang lain bisa saja membawa dampak besar bila hal tersebut berikatan dengan karier, bisnis, atau klien besar.

Ada seseorang yang memanggil nama Anda. Saat Anda melihat wajahnya, terasa familiar, tetapi siapa ya namanya? Hal ini sering terjadi dan dianggap sepele. Namun, melupakan nama orang lain bisa saja membawa dampak besar bila hal tersebut berikatan dengan karier, bisnis, atau klien besar, bukan? Berikut langkah mudah yang bisa Anda lakukan agar tak mudah lupa nama orang.

Terima hal itu sebagai hal yang positif

"Jangan pernah menganggap kalau Anda mudah melupakan nama orang atau Anda tidak jago dalam hal menghapal nama," ungkap Jon Keith, seorang terapis. Pikiran buruk itu akan membuat Anda mudah stres dan akhirnya tertanam dalam memori. Hal itu benar-benar akan membuat Anda jadi pelupa.

Amati lingkungan sekitar

Menghapal nama seseorang akan terasa lebih mudah bila Anda juga mengamati apa yang ada di sekitar. Contohnya warna dinding, apa saja yang ada dalam ruangan tersebut, dan pemandangan di luar jendela. Isyarat visual ini akan membantu menyimpan memori tentang seseorang dalam jangka panjang.

Pastikan Anda mendengar jelas siapa namanya

"Banyak orang yang cepat lupa nama orang karena sebenarnya mereka tak mendengar jelas saat orang tersebut memperkenalkan dirinya," lanjut Keith. Misalnya, Anda berkenalan di sisi jalan yang ramai atau tempat yang bising. Jangan ragu untuk meminta orang tersebut untuk mengulang kembali namanya. Dengan mudah, Anda bisa berkata, "Maaf, siapa tadi nama Anda, saya tak dapat mendengarnya dengan jelas."

Lakukan Z-Scan

Gambar huruf Z dengan pikiran Anda di wajah orang tersebut. Ini akan memberikan Anda kesempatan untuk melihat warna matanya dengan lebih jelas atau bagaimana gaya senyumnya. Mengaitkan nama dan bentuk wajah akan memudahkan Anda untuk mengingat siapa nama orang tersebut pada kemudian hari.

Ucapkan ulang namanya

Hal ini disa dilakukan dalam benak atau ucapkan secara langsung. Misalnya, saat ia memperkenalkan dirinya sebagai "Bryan", maka ucapkan lagi "Hai, Bryan". Bisa pula, bila Anda ingin lebih lama mengingatnya, ucapkan berkali-kali nama tersebut dalam benak. Percayalah, ini akan membantu Anda untuk lebih mengingat namanya.

(Ayunda Pininta/Sumber: Prevention.com via kompas.com)


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?