GuidePedia

0


Bahaya Kabut Asap saat ini menjadi ancaman paling menakutkan di Indonesia, khususnya pulau Sumatera dan Kalimantan. Cara Sederhana untuk berlindung dari kabut asap adalah dengan tetap berada di dalam rumah dan selalu menggunakan masker apabila keluar rumah. Namun belum tentu di dalam rumah juga aman karea asap merupakan partikel yang sangat kecil sehingga mudah masuk ke dalam rumah.

Pada artikel ini, kami Aing akan memberikan cara kepada anda, bagaimana tetap aman dari bahaya asap ketika di dalam rumah, yaitu dengan melakukan hal-hal seperti dibawah ini:

Menutup jendela dan pintu rumah dengan rapat, sehingga dapat mengurangi jumlah partikel yang masuk ke dalam ruangan rumah. Meski hal ini juga tidak menjamin 100% asap tidak masuk ke dalam rumah tapi tentu sangat membantu bagi anda yang tidak mempunyai pembersih udara untuk rumah tinggal.

Apabila rumah atau ruangan anda menggunakan AC, ubahlah mode penyejuk ruangan ke recirculate. Hal ini juga dilakukan saat anda berkendara menggunakan mobil, tutuplah semua jendela mobil dan nyalakan AC mobil dengan mode recirculate.

Menggunakan Air purifier atau air cleaner untuk membersihkan udara di dalam ruangan rumah. Tujuannya adalah untuk menurunkan kadar partikel dalam ruangan tempat tinggal. Sebuah Penelitian menyebutkan bahwa air purifier bisa menurunkan partikel asap di udara di ruangan rumah hingga mencapai 63-88%.

Saat anda berada di dalam ruangan rumah, jangan menambah polusi udara dengan menghindari rokok, menyalakan perapian, menyalakan lilin, atau sumber api lainnya. Karena aktivitas tersebut akan memperparah polusi udara di dalam ruangan rumah anda.

Apabila kabut asap sudah tidak dapat dihindari di dalam rumah sendiri, maka anda harus mengungsi ke wilayah dengan udara yang lebih bersih. Indeks standar pencemaran udara (ISPU) yang menunjukan angka 200-300, termasuk dalam kategori tidak sehat dan apabila telah melebihi 300 maka masuk dalam kategori berbahaya.

Dalam kondisi ISPU tersebut, warga sebaiknya tidak melakukan aktivitas di luar ruangan, khususnya bagi anak-anak, karena sangat rentan terkena penyakit. Jika terpaksa harus berada di luar rumah, gunakanlah masker yang baik. Anda harus waspada karena, sampai saat ini kabut asap telah menyebabkan ratusan ribu orang menderita infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Ringkasan:

Kabut asap di Indonesia disebabkan karena adanya pembakaran hutan gambut di Sumatera dan Kalimantan,
Batas Indeks standar pencemaran udara (ISPU) yang sehat adalah dibawah angka 200,
Menghindari Bahaya Kabut Asap bisa dilakukan dengan tetap berada di dalam rumah yang tertutup rapat.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?