GuidePedia

0

Brussels - Urusan buang air kecil di kota macam Jakarta memang tidak gratis lagi, paling tidak Anda harus menyiapkan uang Rp 1.000-2.000 untuk toilet umum. Namun beberapa negara Eropa, Anda harus merogoh kocek lebih dalam.

Beberapa pengelola toilet umum di benua biru tersebut mengenakan tarif toilet umum 50 sen hingga 1 Euro atau sekitar Rp 7.500-15.000/orang untuk sekali masuk. Inilah pengalaman detikTravel di berbagai kota Eropa. Misalnya di stasiun utama Berlin, Jerman yaitu Berlin Hauptbahnhof seorang yang akan masuk ke toilet harus bayar 1 Euro.

Pengunjung hanya tinggal memasukkan koin 1 Euro ke alat khusus, setelah itu akan keluar voucher bertuliskan 0,5 Euro lengkap dengan barcode. Voucher ini bisa digunakan sebagai potongan atau diskon bagi yang akan belanja di foodcourt di kawasan stasion. Namun bagi Anda yang tak membelanjakan voucher itu, artinya harus rela membayar Rp 15.000 untuk sekali buang air kecil.

Masih di Jerman, konsep serupa juga diterapkan di toilet umum yang berlokasi di depan Balai Kota atau Rathaus Hamburg, Jerman. Di sini pengunjung hanya harus membayar 50 sen Euro untuk sekali masuk ke toilet.

Sementara itu, di Stasiun Midi, Brussels, Belgia, toilet juga dikenakan bayaran setengah Euro alias 50 sen. Mau masuk ke toilet anda dihadang pintu otomatis yang hanya bisa terbuka bila koin 50 sen dimasukkan.

Lantas bagaimana dengan yang tidak memiliki koin 50 sen? Tepat di samping pintu masuk, ada tempat menukar koin secara otomatis. Jadi bila anda memasukkan koin 1 Euro, dengan otomatis akan keluar 2 koin 50 sen.

Banyak orang yang belum mengetahui soal hal ini. Sehingga masih ada yang bingung-bingung dan bertanya satu sama lain.

Memang bila dirupiahkan, berarti harga satu kali masuk toilet ini mencapai sekitar Rp 7.500. Namun begitulah kehidupan di Eropa, dengan tingkat kesejahteraan yang berbeda, nilai itu dinilai murah.

Pengalaman yang sama terjadi di sebuah mal yang berdekatan dengan Lapangan Merah, di Kota Moskow, Rusia, pengunjung harus bayar 100 rubbel lembaran setara US$ 2 untuk sekali masuk. Wow, mahal banget! Berbeda dengan Jerman dan Belgia, pengunjung membayar langsung secara tunai ke petugas, tanpa alat khusus.

Bagaimana menurut Anda, Rp 7.500-26 ribu sekali pipis. Mahal kah?

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?