GuidePedia

0

"Gunung Raung? itu gunung dimana ya?"

kira - kira itulah jawaban mayoritas teman/orang - orang ketika saya cerita soal gunung Raung...yah boleh maklum sih, mengingat kalo gunung yang satu ini bukan termasuk taman nasional, tidak sepopuler Semeru, Kerinci atau Rinjani...tapi kalau buat pemula (pendaki muka lama) pasti tau gunung ini.

Gunung yang termasuk agak "gila" buat dinaikin, karena treknya berat nanjaknya, belukar tajem hutannya ga nyantai, tidak ada sumber air sepanjang jalur, suhu waktu subuh dingin sampai 4c, dan untuk mencapai puncak sejatinya udah technical (make alat bantu), bisa aja sih kalau mau freeclimbing, tapi harus ikhlas ya kalo dipanggil Yang Maha Kuasa.



Trip ini di provide oleh JelajahGunung.com beranggotakan :

Ardi,
Wahyu,

Umam,
Sholeh,
Ridwan,
Anink,
Herru,
Lias,
Firman,
Are,
Iman,
Acen 
Fajar 

untuk perjalanannya sendiri total memakan waktu seminggu (rela cuti 5 hari deh), perjalanan dimulai pada tanggal 5 oktober dari stasiun kota jam 10:00 menuju gubeng surabaya jam 01:30 besoknya

rada sarap juga sih ya kalo dipikir naik kereta ekonomi yang notabene bangkunya tegak lurus selama 12 jam lebih, untung sekarang kereta udah bersih dan dapet duduk, jadi gada cerita tuh kambing ato ayam dalam gerbong. dari gubeng, harus nunggu sampe siang untuk jadwal kereta selanjutnya ke Kalibaru, tepatnya pukul 13:45. jadi ya enaknya ngemper di luar stasiun dari pagi buta sampe siang bolong.

setelah naik sritanjung dan tiba di kalibaru pas malam harinya, kita menuju ke basecamp pendakian Pak Soeto (Alm.) , saya gatau persisnya Pak Soeto itu siapa disitu, tapi sepertinya dia punya posisi yang cukup dihormati dimata warga dan khususnya para pendaki, karena dirumahnya jad isatu-satunya tempat menginap para pendaki yang akan naik besok harinya. (banyak rombongan pada nginep disitu boi, padahal bisa aja kerumah yang lain).

Rumah Pak Soeto: 

dalam rumah satu dinding isinya poto pendaki


Hari Pertama, Permulaan :

di pagi hari ketiga (hari pertama pendakian), kami udah siap - siap berangkat, tapi ternyata belom boleh naik, lhooo??? kaget dong, kirain dilarang naik, gunungnya tutup, eh taunya karena belom ngurus administrasi, jadi walopun bukan taman nasional, naik ke Raung gaboleh sembarangan boi, perorangan musti bawa surat sehat dari dokter dan di fotokopi, pas foto 3x4, fc KTP masing - masing 3 dan ketua rombongan musti teken "surat pernyataan pendakian gunung Raung" yang musti di tujukan kepada Kecamatan, Koramil, dan Kapolsek setempat et dah
denger - denger sih jadi ketat persyaratannya karena beberapa waktu lalu di tahun 2014 ini ada 2 kecelakaan, yang 3 orang jatuh ke tebing sampe patah - patah (masih idup) dan 1 orang mati (katanya bukan di jalur kalibaru) tapi yang 1 ini saya ga konfirmasi kebenarannya.

sembari nunggu urusan administrasi selesai, Fajar selaku EO perjalanan ngajarin kita soal alat - alat climbing, cara buat harness dari webbing dan segala macem printilannya terutama penggunaaan jumar, figure of eight, carabiner, harness, prusik dsb. walaupun technicalnya ga terlalu banyak, tapi menurut saya pribadi sebaiknya sebelum kesini belajar climbing dan familiar dalam gunain alat - alatnya boi, tujuan belajar climbing itu jika nanti nyasar atau kehabisan jalan, aboi jadi bisa ciptain jalan sendiri.

Nah setelah urusan administrasi selesai, dari rumah pak Soeto, kita menuju jalan setapak pendakian pertama, pake cheat (naik ojeg ) demi efisiensi waktu boihehehe

Kebon Kopi: 

Di gunung Raung ada total 9 pos, tapi cuma pos 4, 7, 8 yang bisa buat ngecamp, sisanya terlalu sempit ato masih di awal - awal (1 dan 2 nanggung kalo ngecamp)

perjalanan dari pos 1 sampai pos 4 ngga terlalu menarik, dimulai dari kebon kopi warga, hutan lebat, kebon kopi lagi, trus baru masuk hutan sebenarnya, walopun ngga terlalu nanjak, tapi banyak semak belukar berduri yang siap ngehajar kaki sampai kepala (buat yang pake gears mahal musti hati - hati atau siap - siap aja sobek, kegores or minimal nyangkut, relakan nak!).

Pos 1 - 4: 


Pohon Merah, penanda sudah dekat dengan pos 4


Pos 4, pagi harinya


"Ultralight Mbabung", bagian bawah jadi gelas, setengah atas piring, setengah atas lagi jadi sendok



Bermalam di Pos 4 ini, angin lumayan kencang berhembus sampai terdengar suara meraung akibat hembusan angin tersebut, yahh mungkin itu alasan penamaan gunung ini, karena beberapa kali ketika angin cukup kencang, suara raungannya terdengar jelas, hal yang sama terjadi waktu di atas puncak nanti.


Hari Kedua, perjalanan:

hari ini target adalah camp 7. atas pertimbangan trek dari camp 7 keatas udah ngga efisien kalo bawa carrier. dari camp 4 dan selanjutnya tanjakannya udah ngga nyantai, ibarat mobil udah musti gigi 1 trus main kopling, penyiksaan yang menyenangkan kan. Tiba di camp 6, hutan udah mulai terbuka, pohon lebat udah jarang, surpisingly jam 12:00 siang suhunya 18c , lanjut terus capek, kalo berhenti menggigil, pake jaket eh kegerahan, asli sarap deh

tiba di camp 7, kita nginep lagi untuk persiapan summit besok dini hari

Camp 4 -7: 

Suhu jam 12 siang


Camp 7


entah ini elang atau apa, tapi lumayan gede wingspannya


kebakaran hutan, posisinya di tengah hutan belantara, mungkin efek kemarau


sunset di pos 7


hari ketiga pendakian, summit attack, start jam 03;00, mulai pasang harness dari sekarang biar ga kelupaan, carabiner pun langsung dicantolin, helm udah langsung dipake (sangat direkomendasikan membawa helm apabila menuju puncak sejati, karena bebatuan sepanjang jalur mudah ambrol). bawaan tinggal daypack isi tali, peralatan climbing, air, cemilan, jaket,

dari pos 7 menuju puncak bendera treknya sempit dan super terjal, jadi emang pilihan tepat buat manusia lenje untuk ninggalin carrier di pos 7, sebenarnya pos 8 dan 9 cukup luas untuk ngecamp, tapi ga dapet pemandangan seindah di pos 7 (alesan, padahal emang udah ga kuat )

di subuh inilah suhu ekstrem mencapai titik terendah 4c, sampai di puncak bendera, baru deh terlihat trek Raung yang sebenarnya....merinding!

Pos 7 - Sejati: 
Summit attack, pasang harness webbing



suhu ekstrim



sunrise di kanan


Moonshine di kiri



Jalur menuju Puncak Sejati
Untuk menuju puncak sejati :

1. Dari puncak bendera ke puncak 17, lewat punggungan yang cukup tipis, pake tali untuk naik tebing sedikit, terus pake tali lagi naik ke puncak 17.

2. Dari puncak 17 ke puncak tusuk gigi, lewat shirot al-mustaqim, punggungan super tipis, trus rapelling turun, dan merayap naik menuju puncak tusuk gigi (paling melelahkan ini)

3.Dari tusuk gigi ke sejati, udah deket tinggal jalan aja

Menuju Puncak Sejati: 

puncak bendera


Penampakan jalur menuju puncak sejati


menuju puncak 17


Tebing Pertama, Tali pertama



View ke puncak bendera dari tebing tali pertama


Ngantri naik di Puncak 17



Nungguin sampe kedinginan, keluarin emergency blanket deh


tiba diatas puncak 17


turun dari puncak 17, ke Shirot Al Mustaqim


View of Shirot Al-Mustaqim


"Mas, kalo kamu jatoh ke kiri, itu udah di ikhlasin aja, tapi kalo jatoh ke kanan bisa dievakuasi....mayatnya"


Dari shirot al-mustaqim, turun dulu...


...terus naik lagi ke tusuk gigi



jalur yang tadi dilewatin


Tusuk Gigi


bongkahan batu tusuk gigi


Puncak Sejati



Raung Caldera


Turun lagi




Edelweiss sepanjang jalur


kembali naik ke puncak 17



kalo jatuh kesini, ikhlasin aja


pulangnya melipir puncak 17, ngga naik lagi


Melipir




Ngantri turun di tali pertama



Tiba di puncak bendera lagi



tiba di camp 7 pukul 15:00, tim memutuskan untuk pulang besok pagi

Hari keempat, Jalan pulang :

start dari pos 7 sekitar jam 08:00, ngacir turun dan sampe balik lagi di pos pertama jam 14:00...sarap ye, naik 3 hari turun sehari. bisa cepet soalnya turunannya dilibas habis, gada break makan siang (mau makan apa juga bekal udah abis) , dan udah ngga ada beban termasuk air, tapi karena itu juga jadinya saya dehidrasi berat, sempet kolaps nyaris pingsan di kebon kopi yang tiada akhir , setelah ngaso di rumah warga dan beli kopi khas disitu (kopinya agak bau menyan gitu boi) balik ke rumah pak soeto naik ojeg

sampai dirumah pak soeto saya dan beberapa kawan memutuskan untuk beli tiket pesawat ke jakarta hari sabtunya karena ga kuat broooo kalo musti disiksa naik kereta lagi , jadi malemnya kami langsung naik kereta lagi ke Surabaya, tiba di gubeng jam 03:00, sementara flight jam 19:00, alhasil sempet kerumah sodara dan jalan - jalan dulu di Surabaya hehehe...tapi laknatnya sih waktu itu Flightnya DELAY SEJAM (Sriwijaya boi) padahal udah ngorbanin tiket kereta dan berharap bisa cepet balik jakarta untuk recovery.

Begitulah kira - kira catper saya di Raung "Push Your Limit" boi

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top