GuidePedia

0
Misalkan aboi cuma bisa berbahasa Indonesia tus bagaimana misalkan aboi mau bercakap-cakap sama si asiong di china sana ? Dua-duanya kaga ngerti Bahasa Inggris lagi...cilaka ! Google Translate enggak diraguken lagi adalah pilihan bagus ...tapi akan sangat capek kalo musti semua diterjemahin dulu secara manual setiap kalimat sebelum berbalas chatting di messenger.

Bagaiman aboi memecahkan masalah ini, bisa bercakap-cakap dengan orang lain budaya dan bahasa dan tidak ada persamaan bahasa ketiga di antara aboi dan orang itu ? Microsoft sedang mengembangkan sebuah versi Skype sehingga bisa nampilin penerjemahan langsung buat suara dan video. Aboi bisa liha video demo karena software aslinya diharapkan sudah ada di Windows 8 tahun ini.

Ada pilihan lain sih sekarang buat orang yang nyari multi-lingual text chats – Google Sheets. Karena dua orang bisa bekerja di sebuah Google Sheet secara bersamaan, ini bisa bekerja beneran kayak sebuah chat client sederhana. Dan jika aboi menggabungkan lembar yg sama dengan Google Translate – yg sangat mudah – tulisan yg diketik di dalam Google Sheets bisa diterjemahkan secara langsung dan otomatis (Demo GIF).


Multi-lingual Chat dg penerjemahan langsung

Idenya begini loh. Aboi punya dua orang peserta diskusi dengan bahasa berbeda yg sudah membuka sebuah Google Sheet di waktu yang sama. Ada dua kolom di lembar untuk masing-masing peserta. Sekarang peserta A bisa menulis text dg bahasanya sendiri di kolom A dan versi terjemahannya di dalam bahasa peserta B akan muncul seketika di kolom kedua. Dan begitu juga sealiknya.

Untuk memulainya, bukalah Google Sheet ini dan pilih File -> bikin sebuah copy buat bikin copy aboi sendiri di sheet di Google Drive aboi. Sekarang pencet share button di lembar aboi dan share lah dengan orang lain dengan izin “edit” (karena dia nanti akan menulis text dalam sheet aboi).

Kurang lebih begitu aja sih. Aboi cuma naruh nama aboi dan nama temen aboi itu di kolom C4 dan G4 berurutan. Jangan lupa pilih juga bahasa ibu aboi dari menu drop-down di kolom C5 dan C6. Sekarang ketiklah apa aja di kolom kuning dan akan muncul nanti di kolom kedua dalam bahasa peserta B. Begitu juga mereka bisa menulis di kolom hijau dan hasil terjemahan akan muncul di kolom aboi.


Secara teknis, lembar kerja ini dibantu oleh Google Scripts. Dan didukung oleh semua bahasa berpasangan yg sudah didukung oleh Google Translate dari bahasa Hindi sampai Perancis, German juga Tamil. Coba aj boi !

Update: Banyak yg memberi saran untuk nyobain Google Talk supports translation bots dan dengan demikian bisa memecahkan masalah yg sama. Bisa saja sih tapi Google Talk sudah pindah ke Google Hangouts dan seorang a Google community sudah memastikan dalam sebuah thread bahwa Hangouts sekarang [2013] sudah mendukung chat bots.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top