GuidePedia

0


Seniwati ini menciptakan patung2 rajutan yg cantik, tapi coba lihat apa yg digunakannya. 

Aboi pasti akan terpecah perhatian aboi kalo melihat hasil karya seni patung Carol Milne. Pertama, aboi akan berpikir bahwa ini pekerjaan rajutan yg belum selesai di tengah jalan, soalnya jarumnya juga masih belibet di benangnya. Kemudian aboi akan segera hairan, kok bisa bediri seperti gitu ? Baru aboi akan sadar kalo jarumnya bukan terpilin di benangnya, tapi di tengah kaca !. Dan itu saatnya aboi akan lebih terkezut lagi !

Macem mana dia melakukannya ?





Kalo dipikir2, kaca baru meleleh di suhu sekitar 816 derajat C, mungkin aboi mengira kalo Milne mungkin memintal kaca cair. Jangan cemas boi--gak mungkin. Kalo bener ya hebat abis lah, tapi proses pembuatannya sendiri emang udah hebat abis sih. Pada tahun 2006, Milne, yg tinggaldi Seattle, mengembangkan sebuah proses beberapa-langkah, termasuk bikin cetakan, menggambar pahatan, dan, ya, merajut.

Pertama-tama, Milne bikin sebuah model patung dari lilin, berdasar sebuah rajutan, termasuk jarumnya. Modellilin ini kemudian dimasukkan ke dalam bahan pembuat-cetakan dan kemudian dipanaskan, sehingga lilinnya meleleh keluar. Hasilnya adalah sebuah cetakan tembus pandang yg tetap mempertahankan bentuk cetakan itu sendiri. Sebuah proses yg dikenal sebagai teknik "lilin lenyap" , dan sudah digunakan semenjak jaman kuno di seluruh dunia. Kemudian kaca ini dilebur ke dalam cetakan, dan didinginkan dengan sangat lambat guna menghindari keretakan. Akhirnya, ketika kaca sudah mendingin, cetakan dilepas, memunculkan patung di dalamnya.


Beberapa patung bahkan ada bagian tubuh mnusianya, seperti tangan ini, sebagai pertanda kerajinan tangan dan proses pembuatannya.


Tambahan benda-benda di sekitar kita, seperti jarum pintal ini, menambah karakter patung makin hidup.


Tangan ini agak sedikit tidak terlihat di foto ini, tapi tangan yg saling merajut adalah interpretasi langsung dari lukisan Escher yg sudah terkenal.


Beberapa patung kadang2 berbentuk seperti hasil2 rajutan, seperti sepasang sepatu boot cewek ini.


Patung bunga.

Hasilnya adalah kaca2 berwarna - warni yg dirajut bersama dengan rapihnya. Beberapa malah kelihatan kecil, berbentuk benang rajut yg kusut. Ini menandakan proses sangat awal dari hasil seorang pemula. Beberapa berbentuk wadah , bunga dan bahkan sepatu boot. Bahkan ada yg berbentuk tangan kaca menyeruak langsung dari benang seperti patung ini membentuk dirinya sendiri.

Tentang jarum yg ia gunakan, beberapa di antarany ajarum rajut asli yg dimasukkan ke dalam patung setelah dikeluarkan dari cetakan. Tapi yg lain bener-bener hasil cetakan dan terbuat dari kaca.




Benda2 ini adalah hasil pelajaran yg sangat cantik tentang permukaan, bentuk dan warna. Belum lagi mereka sudah membuat pemirsa mengira2 bagaimanakah proses kreatif dan bahan yg digunalan bisa menyatu bersama ? Ini menantang dan di luar perkiraan kita.

Ada juga yg bermakna dalam dalam karya2nya: "Saya melihat karya rajut saya sebagai metafora dari struktur sosial kita. Setiap individu sesungguhnya terperangkap dalam kelemahan mereka sendiri, tapi bisa kuat secara tersamar ketika terikat bersama. Aboi bisa meretakkan atau menghancurkan ikatan tunggal tanpa menyebabkan semua strukturnya jatuh berkeping2. Dan kalaupun strukturnya hancur, pecahan2nya terikat kembali. Koneksi inilah yg menyebabkan kekuatan dan integritas ke dalam dan menyebabkan tetap terikat satu dan yang lain."

Milne jelas berkarya lebih dari hanya sekedar patung rajutan..sisa dari hasil karyanya bisa diketemukan di situsnya dan dd Facebook pagenya, juga di halaman Glass Art Society nya. 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top