GuidePedia



Bagi para gitaris yang suka melakukan eksperimen, kehadiran teknologi sinyal digital membuka jalan ke dunia baru terhadap eksplorasi dan kontrol tonal. Dengan membuka paramater, efek dan fitur dengan software berbasis komputer saat tengah memainkan gitar, teknologi tersebut juga bisa melibatkan beberapa tap dancing pada multi-effect seperti G5 atau jika gitaris sering berhenti untuk menambahkan seting di kontroler MIDI. Dan kini hadir piranti unik bernama Guitar Wing hasil besutan Livid Instrument, dimana piranti ini bisa dilekatkan pada gitar dan akan memberikan fungsi kontrol secara wireless dari software yang dihubungkan, Digital Audio Workstations (DAW), aplikasi iOS, efek MIDI dan sebagainya, dan cukup dijangkau dengan jari-jari gitaris saat tengah memainkan gitarnya.
  
Guitar Wing merupakan proyek yang dikerjakan selama 12 bulan oleh Livid Instrument bersama dengan perintis kontroler Moldover dengan berbagai masukan dan bimbingan dari Vernon Reid dari Living Colour. Setelah melakukan uji coba dan perbaikan di sejumlah prototipe, akhirnya desain pra produksi hadir dengan memberikan lima bidang yang sensitif terhadap tekanan, tiga fader sentuh, enam tombol fungsi dan empat tombol seleksi. Guitar Wing juga dilengkapi dengan sensor akselerometer, tombol LED backlight RGB dan indikator status serta prosesor TI di dalamnya yang ditenagai oleh baterai lithium-ion yang bisa diisi ulang melalui USB. Piranti ini juga dilengkapi dengan memori internal untuk menyimpan preset dan hal-hal sejenis, serta hadir dengan software aplikasi Wing Editor untuk membuat tambahan parameter dan pengaturan. 
 
Didesain secara universal untuk bisa diletakkan di sebagian besar gitar elektrik yang ada di pasaran, kecuali model flying V dan akustik, Guitar Wing dilengkapi dengan lengan yang bisa disesuaikan sehingga bisa dimodifikasi dan bisa disesuaikan dengan piranti lain yang memiliki horn. Koneksi yang digunakan untuk menghubungkan kontroler MIDI adalah Bluetooth LE melalui dongle USB MIDI yang disertakan sehingga bisa memberikan pengoperasian bebas driver saat dihubungkan ke komputer. 
Pemain juga bisa mengintegrasikan kontroler ini dengan hampir semua software untuk menciptakan musik atau efek tweak lainnya, serta mengontrol sesi perekaman dari instrumen, contoh trigger, efek dan loop serta menciptakan suara-suara baru. Piranti ini juga disertai dengan rak plug-in efek virtual WingFX yang bisa digunakan sebagai aplikasi mandiri untuk Windows dan Mac, atau sebagai plug-in VST/AU untuk DAW yang digunakan. Software tersebut memungkinkan pengguna untuk memilih dari sejumlah efek digital bergaya-injak, membuat pergeseran pitch cukup dengan ujung jari, juga bisa membuat contoh musik dalam format seperti WAV, MP3, dan AIFF.
Disediakan built-in tuner yang bisa digunakan untuk memprogram LED untuk pertunjukan cahaya pada instrumen. Guitar Wing merupakan salah satu proyek yang hadir di Kickstarter. Diharapkan produk ini sudah akan tersedia di pasaran pada bulan April mendatang dengan harga $199. Desainer Guitar Wing juga menciptakan Guitar Wing SDK yang tersedia bagi para developer untuk menambah lebih banyak fungsi ke platform ini.



Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !Lihat yg lebih 'seru' di sini !

Beli yuk ?

 
Top