GuidePedia

Tutorial membuat mainan ini saya persembahkan untuk anak-anak, remaja, dewasa, bapak, ibu, dan semua yang ada di Indonesia. Mainan sederhana ini gampang dibuat kalau buat orang Indonesia. Cuma berbekal "mau" aja sudah dijamin bisa deh.

Ini gambar mainan hovercraft terakhir kali yang saya buat. Sederhana sekali, hanya untuk mainan kita pasti bisa membuatnya. Bahan yang digunakan juga available di semua tempat.




Langsung saja, kita pelajari dulu bagian-bagian yang akan kita buat, lihat gambar dibawah ini, gambar ini saya ambil dari situs negara jauh disana.



Oke, akan saya jelaskan dalam bahasa saya sendiri. Ini bagian-bagiannya:

Steering Board, RC Board (Maksudnya PCB)
Battery (Baterai biasanya satu paket dengan PCB)
Lift Motor (Pakai dinamo biasa saja, bisa dicari di toko elektronik sudah pasti dapat)
Drive Motor (Sudah satu paket dengan PCB)
Steering Servo (Biasanya satu paket dengan PCB)
Jadi begini, maksudnya satu paket dengan PCB adalah kita bisa beli mobil RC yang banyak dijual dipasaran, nah di dalamnya itu ada komponen PCB, dinamo, baterai, dan servo. Dalam pembuatan hovercraft kita membutuhkan tambahan dinamo, kita bisa beli sendiri.

Dinamo yang kita beli langsung saja dipasang paralel dengan kabel yang ada pada dinamo mobil RC yang sudah kita beli. Jangan lupa juga memberi sakelar tersendiri untuk dinamo yang kita paralelkan. Dinamo tambahan ini fungsinya sebagai lifter (lift motor).

Dari mobil RC yang kita bongkar dan kita rakit seperti penjelasan paragraf sebelumnya itu kita langsung buat badan hovercraftnya. Badannya kita buat saja dari steroform. Lalu kita rancang sesuai keinginan kita (bisa lihat gambar atas). Bagian yang paling penting yang membedakan hovercraft dengan mainan lainnya adalah skirt. Skirt ini fungsinya sebagai bantalan, kita bisa buat dari plastik dan bentuk seperti bantalan.

Jangan lupa untuk memberi lubang pada skirt di bagian bawahnya agar udara bisa keluar, sehingga hovercraft kita bisa melayang. Kalau kita menggunakan perangkat mobil RC biasanya baterai tidak cukup kuat untuk memuaskan kita bermain. Biasanya maksimal 15 menit baterai sudah habis.

Kalau menginginkan kepuasan bermain kita bisa membeli partnya masing-masing seperti servo, remot, baterai tersendiri. Kita bisa beli semua di tempat hydromodeling atau aeromodeling. Disana sudah tersedia propellernya juga. Pada hovercraft ini kita membutuhkan minimal 2 propeller. Satu untuk lifting dan satunya untuk thrust.

Sebenarnya jika kita ingin mendapatkan bentuk skirt yang sempurna kita bisa mengganti propeller untuk lifting dengan turbin sentrifugal. Tetapi kita harus membuatnya sendiri. Kita bisa melihat contohnya searching di google.
 
Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !Lihat yg lebih 'seru' di sini !

 
Top