GuidePedia


to sibayak crater


Hey ho,

Iya tau, udah 2013 n udah bulan 3 juga *_*

Hari ini, keknya ga ada kerjaan juga di kantor, n i plan to get the unfinished drafts of 2012's trips. Brantakan ini blog!

Draft pertama yang bakal nongol is ... The medan trip :D lanjutan dari postingan jalan2 di medan yang maret ini genap setaon :)) #buluk

So yeah, abis day 1, kenalan sama si berastagi, besoknya barulah gwe jalan, se jalan-jalannya :D setelah hari sebelumnya cuman nyante-nyante bercengkrama sama local, hari kedua, my plan was : ndaki sibayak sama liat si piso-piso.


Sibayak : Jangan Hiking sendirian. Jangan pokoknya!





gelap hutannya kayak gini selama trekking sampe pos satu ^^


Kenapa sibayak? Well, di berastagi ini sebenernya ada 2 gunung yang biasanya dikunjungi sama wisatawan, Sibayak & Sinabung. Gunung sibayak itu gunung yang lebih mainstream daripada sinabung.

Sibayak ini gunung yang jauh lebih ramah dibanding sinabung. Trekking path nya gampang, since si Sibayak ini sering banget dipake sama anak2 pramuka berastagi dan sekitarnya n bisa dipanjat dalam jangka waktu yang pendek. While Sinabung, buat manjat ini gunung, butuh persiapan lebih dikarenakan medan panjatannya kinda sangar. Beside, ternyata si Sinabung ini akhir tahun 2010 masih aktif jyeng. Kalo masalah ketinggian, cuman beda 200 meteran aja sik #songong :D

Pintu masuk ke Sibayak ada 3 :


  1. Jalur Sibayak 1 : Dari Desa Raja Berneh atau Berna. Jalur ini lewat tempat pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk.

  2. Jalur Sibayak 2 : Dari Desa Jaranguda. Desa ini cuman berjarak 3 Km dari kota berastagi. N Jalur ini jalur umum yang paling gampang buat diambil. Gwe sendiri pake jalur ini, since emang dikasih tau host nya jalur yang ini.

  3. Jalur 54 : Jalur ini di mulai dari kawasan tongkoh (bakaran jagung) di jalan raya medan - berastagi. Jauh lah ini.. ga langsung di kaki gunung sibayak :p

 Cara ke pintu Desa Jaranguda : Dari terminal Berastagi/Pasar buah naek angkot bilang mau ke jaranguda, nanti dianterin kok. Angkot : 2000 IDR

n Kenapa gwe bilang jangan hiking sendirian? Karena emang jangan!! sepreman-premannya lo ngerasa, jangan deh. Iya emang gampang naek nya ke Sibayak ini. Jalanan beraspal buat menuju ke pos kawah. Tapi ya tetep aja itu hutan! gwe aja parno. Since di tengah-tengah tiba2 ada suara anjing liar n brasa ada footsteps yang ngikutin :)) but then, itu karena gwe manjatnya aja di jam yang salah. Gwe manjat jam 1/2 8 pagi while biasanya orang-orang pada manjat jam 9-10 siang, pake angkot pulak -_-"

Di pintu masuk kita diminta isi buku tamu n bayar asuransi 4000 IDR. Trekking path ke Sibayak susah ga? Kagak! gampang lah. Ga pake parno. Kalo ada yang nyaranin pake sepatu hiking ato sendal gunung? itu biar nyaman aja sih. Faktanya banyak cewek2 yang manjat pake sendal mo ke mol -_-".

Apa sih yg kece dari Sibayak? Ya kece lah... gunung gituh! clear sky, greenish corner, what's not beauty of it ^^. Hmm kayak ijen, cuman kalo kawah ijen itu isinya air belerang yang warnanya naudzubillah bagus, ini isinya batu2 kecil2 gitu yang kalo diperhatiin ternyata membentuk nama-nama. Nah si bikin nama-nama itu lah yang jadi tourist attraction di Sibayak ini. Gwe ga nulis nama? Enggalah! ga ada nama yang mo gwe tulis waktu itu #kodeabis :))




ini trekking path dari pos 1 menuju kawah sibayak




pemandangan tebing kanan sisi menuju kawah




to the crater




gas belerangnya ini bukan di kawah tapi nyembur2




ini dia si crater of names :p


Di Sibayak, gwe ga lama2, karena udah terik juga. Abis liat-liat, feeling the mountain, n fofotoan sama anak-anak pramuka yang ngira gwe reporter acara jalan-jalan, gwe pun turun balik ke berastagi, this time lebih cepet karena di anterin sama si adek2 pramuka itu :)) Makasih adek ^^

Dari berastagi, laper, gwe balik ke rumah host gwe sekalian pamit n branjak ke Si piso-piso. Cuman semalem gwe nebeng di rumahnya mas bayu but his family already become my family. ^^ I'm gonna miss them ^^



mas bayu, yuli n reza



Sipiso-piso : Si jangkung tampan ^^

tampan

The fact i happened to know setelah mengunjungi air terjun si piso-piso ini : ternyata air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Indonesia. Tingginya kalo dari wikipedia sih 120 meteran. N the unique thing lagi.. yang biasanya air terjun startnya itu kali/sungai di permukaan tanah, si piso piso ini berupa sungai bawah tanah ^^.

Awalnya trip ini dilakukan karena gwe hendak maksa pengen sampe toba, tapi ngeliat waktu, i think watching toba from Si piso-piso side is nice enough ^^.

Si piso piso ini letaknya di desa tongging. 24 km dari kabanjahe. Kalo dari berastagi, kita ngangkot ke terminal kabanjahe. Trus dari terminal kabanjahe kita naek lah si elf/omprengan yang ke siantar. Ongkos : 15000 IDR. Dari kabanjahe ke Pertigaan si piso-piso ditempuh dengan waktu sekitar 1 1/2 - 2 jam an. Di dalem elf/omprengan, bilang aja mau ke si piso-piso. Nanti 1 1/2 jam kemudian kalian bakal diturunin di pertigaan setelah pasar gituh.

Seturunnya dari elf, udah banyak itu di sebrang pangkalan becak ojek (becak yang ditarik pake motor). Nah buat ke pintu masuk si piso-piso, bisa sih jalan kaki tapi ya lumayan, gempor. Karena gw letih n laper, pasrah aja lah gwe ditawarin becak ojek. Si bapaknya ramah banget. Dia minta tarif 20ribu tapi nanti pake dijemput. Kalo mo nawar silahkan sih. Tapi kalo ngeliat jarak tempuh pangkalan - pintu masuk, 20 ribu PP, sepadan lah ^^. Sepanjang jalanan menuju pintu masuk, you can watch some hills yang ternyata itu bagian dari yang namanya bukit barisan. Selama gwe idup, gwe kira cuman di padang doank, ternyata salah hehhe :D dari aceh sampe lampung bukitnya baris :D



n those are bukit barisan 

Sampe di pintu masuk, bayar tiket kita 4000 IDR. abis itu udah kliatan view toba dari situ n Geez.. it's remarkable. Gwe selalu parno n semriwing sama danau. N ngeliat toba dari situ, tambah semriwing. Walopun masih penasaran nyebrang ke samosir, tapi ngeliat toba dari situ, keknya udah mewakili buat yang ga punya waktu banyak kek gw ^^.

Toba view di sisi kiri, si tampan di sisi kanan. Yep, si piso-piso ini di sebelah kanan sisi kita kalo kita ngadep ke toba. Buat yang mau ngeliat sipiso-piso dari jarak dekat, bisa turun lewat tangga yang ngeliat n bayangin naek baliknya aja males -_-". Gwe? nyerah lah. Keknya ngadem sambil minum kopi liatin toba n si tampan udah cukup ^^.




this is the view offered ^^




my companion

Try to have some medan's traditional coffee at wooden stall di barisan tangga ke bawah. The view is great, the air is chill and joyous. One way to rest yourself after the trip ^^.

Dengan menginjakkan kaki di desa tongging, pencarian gwe di bukit karo, berakhir sudah. Karena udah sore juga, maka gwe balik lah ke medan. Transport ke medan? Pake elf yang ngompreng tadi. Instead of turun di kabanjahe, ada yang langsung ke medan. Tarif 20000 IDR.

Tongging - Medan ditempun sekitar 3-4 jam an. Gwe sampe medan itu sore menjelang magrib. N senyampenya di padang bulan, first thing first was, NYARI MIE ACEH yang dari awal gwe dateng kok banyak banget bertengger di pinggiran jalan.




juara!


Mie acehnya, juara lah! walopun gwe ga tau itu tempat rekomended apa engga. Pokoknya juara! . Abis makan mie aceh, gwe janjian sama host gwe di medan lagi, si vany yang masih baik hati mo gwe tebengin :p. Karena vany n kluarga lagi di rumah eyang, jadi lah gwe berkelanan dulu di sekitara medan.

Atas rekomendasi vany, gwe brangkat ke Merdeka walk. Awalnya nyari yang rame2 aja sih buat tempat nunggu. n there i went. Iyak, si merdeka walk ini keknya tempat tongkorangan muda-mudi medan deh. Semacam kek ciwalknya bandung lah. Banyak tempat makanan. Si merdeka walk ini juga terletak di tengah-tengah Kota tua nya medan which i'd visit the next day sama si host ^^.

Akhirnya vany sampe rumah, gwe cape n bahagia since chelsea menang wohooo *iyak waktu itu merdeka walk nayangin chelsea* , gwe pun balik ke medan. n have a proper rest

Medan : MATAHARI nya lebih dari 9!!

Besoknya, ada beberapa jam sebelum si citilink bawa gwe balik ke peraduan. Karena pesawat gwe jam 6 sore, so paginya sekalian pamit, gwe mo diajak keliling kota tua di siang hari sama vany n adeknya, lia. Karena vany dan lia ke gereja dulu, gwe berkeliaran dulu lah sendirian di si kota tua which is the area where merdeka walk lies at. N hari ini juga janjian sama penpal gwe dari sma yang setelah 10 tahun temenan lewat surat n email n sms, akhirnya kita ketemua ^^, safiah. she's a malaysian yang gwe inget dia kuliah di USU.

So, me alone trapping in 9 kind of SUN.

Ga ngapa2in juga, since panasnya ga karuan, cuman duduk di bangku taman liatin warga medan yang keknya kalo weekend betah piknik panas2an di si alun-alun ini. Hoo kawasan kota tua ini juga deket banget sama Stasiun medan.

Objek menarik di Kota tua medan selain alun-alun kota, ada beberapa bangunan tua yang masih beroperasi as Bank. Kota tua di sini ga sama kek di Jakarta nor kota lama di Semarang, di sini bangunan tua nya nyaru :D. Yang iconic menurut gwe Bank London yang terhubung sama replika london's bridge kali ya :p sama di sebrang rel deket stasiun ada bangunan berbentuk kuil gede banget, yang setelah gwe tanya-tanya, itu rumah Abu warga cina di medan. dan di sebrang stasiun ada pasar buku, kalo di jakarta kek kwitang jaman dulu kali ya. yang di jual buku-buku bekas ^^




pintu gerbang pasar buku




ini si London sumatra bulding




rumah abu

Ndak lama, siangnya akhirnya the hosts dan sahabat pena saya akhirnya dataaaang. This meeting with the penpal was one of page i must write in my book ^^. It is some experience to me. 10 years in penpal-ing, and still we can figure out each other. Masih inget kita tukeran foto cuman sekali doank, pas gwe sma kelas 2 ^^.

and the topics, it's like we were going back to ten years ago ^^. Glad to meet you, pal!.




here we are ^^

Di merdeka walk, kita kongkow aja n gragas nyobain si pancake durian nya nelayan yang terkenal itu. Maaan ga pernah gwe ngerasain durian yang sedurian duriannya. This is the most durian thing ever lah! :D si seksi hijau itu juga murah cuman 27000 IDR dapet 2 porsi. N one must eat snack di Nelayan sini, Dimsumnyaa... best dimsum ever!!




sekssii


Di merdeka walk, karena makin sore n i had a flight to catch, jadinya kita pamitan lah. me saying goodbye to the SUN city ^^.  n akhirnya gwe pun resmi menginjakkan kaki di Ujung sumatra, walopun ga ujung2 banget, but this is the most west part of Indonesia i've put my feet on ^^.

Terima kasih citilink buat tiket 250rebu PPnya :)) till the next hunting ;) n akhirnya satu hutang postingan selesai ^^




sumpah, saya bukan reporter acara jalan2 :)

Beli yuk ?

 
Top