GuidePedia

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Al-hamdulillah, wash-shalatu wassalamu ‘ala rasulillah Semoga Allah swt mencurahkan keberkahan dan kemudahan kepada saudara serta keluarga. 

Kewajiban shalat merupakan salah satu kewajiban yang Allah swt telah tentukan waktunya, seorang muslim harus melaksanakan shalat tepat pada waktunya. Seperti firman Allah swt:
“Sesungguhnya shalat itu kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS. 4:103)”

Lalu bagaimana dengan orang yang bangun tidur kesiangan saat matahari sudah terbit dan belum melaksanakan shalat shubuh?

1. Bagi orang yang ketiduran hingga matahari terbit. Bagi orang yang tertidur, tidak terbangun di waktu subuh hingga matahari terbit, maka saat bangun ia harus segera melaksanakan shalat subuh. Dalam hal ini, ia tidak berdosa, karena keterlambatannya untuk melaksanakan shalat bahkan hingga keluar waktunya bukan karena unsur kesengajaan, ingat sekali lagi bukan karena disengaja. Hal ini pernah terjadi pada diri Rasulullah SAW. Suatu ketika Rasulullah SAW sedang dalam perjalanan. Ketika malam, Rasulullah SAW dan para sahabat tertidur hingga matahari terbit. Seketika itu, Rasulullah SAW memerintahkan Bilal untuk adzan dan iqamah. Akhirnya, Rasulullah SAW dan para sahabat shalat subuh disaat matahari telah terbit.

2. Bagi orang yang ketiduran karena unsur kesengajaan yang sebenarnya ia telah terbangun di waktu subuh. Tetapi, karena rasa malas dan terasa berat, ia tidur kembali sampai matahari terbit. Jadi, ada unsur kesengajaan. Sebagian besar para ulama berpandangan bahwa ia berkewajiban untuk mengqadha shalatnya. Hendaklah dirinya segera melaksanakan shalat ketika bangun. Di samping itu, ia harus bertaubat kepada Allah swt karena telah sengaja meninggalkan shalat ketika waktunya telah tiba waktunya.

Bagaimana pun juga, meninggalkan shalat secara sengaja termasuk dosa besar. Hal ini berdasarkan pada firman Allah swt:
“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (QS. 107:4)”
“(yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. (QS. 107:5)”

Kita harus berusaha sekuat tenaga untuk shalat subuh tepat waktu dan berjamaah. Dengan bangun pagi, kita akan mendapatkan keberkahan dari doa Rasulullah saw, “Ya Allah, berikanlah keberkahan pada umatku di waktu pagi-pagi.” (HR Ahmad).

Wallahu a’lam.

Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Beli yuk ?

 
Top