GuidePedia


panorama rumah tinggal di kampung balitong

Balitong, berasal dari kata Bali, yaitu pulau dewata yang terletak di Indonesia bagian tengah. Balitong sebuah pemukiman orang-orang Bali yang terletak di kec Sijuk, belitung.

Mereka merupakan orang-orang Bali yang didatangkan oleh pemerintah melalui  program transmigrasi pada tahun 1990 untuk menunjang program Pengembangan pariwisata. saat itu Pemda daerah Belitung yang sudah sadar akan adanya potensi pariwisata didaerahnya, sengaja mendatangkan orang – orang Bali yang kaya kebudayaannya, dan mereka memiliki keahlian serta pengalaman untuk menarik wisatawan.

Namun pada kenyataannya hal tersebut sulit direalisasi. Kurang jelasnya pelaksanaan program pengembangan pariwisata tersebut menyebabkan para transmigran kembali kedaerah asal.

Seiring berjalannya waktu para transmigran berusaha untuk membangung daerah mereka dengan cara mereka sendiri. Mereka berkebun sawit untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari bahkan banyak yang bekerja di instansi pemerintah. pengembangan pariwisata yang mereka lakukan yaitu dengan menjaga budaya asli mereka yang merupakan daya tarik wisatawan. Mereka sering mengadakan pagelaran untuk umum dan jenis promosi lainnya seperti  film dokumenter tentang profil daerahnya.

Begitulah cara transmigran Bali bertahan ditanah orang dengan berusaha untuk tetap menjaga kelestarian budaya aslinya.

Sembahyang Bulan Puranama
Upacara Purnama adalah pemujaan terhadap dewa Chandra dan merupakan hari suci bagi umat Hindu di Bali, Upacara Purnama ini bermakna memohon berkah dan karunia dari Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) yang telah menerangi dunia beserta isinya. Sesuai dengan namanya pelaksaan Upacara ini berlangsung saat bulan Purnama yaitu jatuh setiap malam bulan penuh (Sukla Paksa), dan hari suci ini dirayakan setiap 15 hari sekali.

Pada upacara Purnama ini umat Hindu Bali melakukan sembahyang dan melakukan permohonan kepada Sang Hyang Chandra agar dapat melebur kotoran dosa/mala yang pernah dilakukan baik sengaja maupun tidak di sengaja, agar kembali bersih jiwa dan pikiran seperti sedia kala.

Upacara Puranama yang diselenggarakan di kampung Balitong ini sama dengan upacara purnama di daerah Bali. Seluruh warga kampung balitong berbondong-bondong pergi ke pura satu-satunya untuk melakukan upacara Purnama. Upacara ini dilakukan sore hari sekitar pukul 5 sore waktu setempat.



persiapan upacara bulan purnama


pergi ke pura bersama ayah


pergi ke pura untuk menghadiri upacara bulan purnama 1


pergi ke pura untuk menghadiri upacara bulan purnama





anak-anak membakar dupa untuk prosesi upacara


membaca mantra


hujan turun ketika prosesi berlangsung,namun jama'at masih terus melanjutakan ibadah


sebagian dari jama'at melindungi kepala dari hujan dengan menggunakan tutup sesaji


air suci


meminta petuah dari sang dukun

Beli yuk ?

 
Top