GuidePedia

0
REPUBLIKA.CO.ID, BUKIT TINGGI -- Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, mengemukakan rencana mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk menetapkan Mr. Syafruddin Prawiranegara sebagai pahlawan nasional.

'Sosok Syafruddin Prawiranegara layak untuk diusulkan sebagai pahlawan nasional karena banyak nilai keteladanan yang bisa diambil dari pribadinya,' kata Irwan Prayitno pada Seminar nasional mengenang satu abad Syafruddin Prawiranegara di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Ahad.


Mr. Syafruddin yang dikenal ketua Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) merupakan pribadi yang memiliki integritas, multi talenta, kritis, tegas, dan terbuka. 'Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan segera mengirimkan surat pengusulan Syafruddin Prawiranegara sebagai pahlawan nasional kepada Menteri Sosial,' katanya.

Tugas yang dilakukan Syafruddin sebagai ketua PDRI selama 207 hari merupakan bagian tidak terpisahkan dari perjuangan bela negara. 'Jika kita menggunakan cara pandang saat ini maka Syafruddin sangat pantas menjadi pahlawan nasional,' kata dia.

Selain itu, lanjut dia, jika Syafruddin ditetapkan sebagai pahlawan nasional perjuangan yang dilakukannya akan menjadi contoh dan model untuk bisa diteladani. Sebelumnya, berdasarkan Kepres nomor 28 tahun 2006 ditetapkan setiap tanggal 19 Desember diperingati sebagai hari bela negara untuk memperingati deklarasi PDRI oleh Syafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada tahun 19 Desember 1948.

Redaktur: Stevy Maradona
Sumber: Antara

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top