GuidePedia

0

Cristiano Ronaldo menangisi kegagalan timnya sementara pada pemain Spanyol merayakan kemenangan

CAPE TOWN - Spanyol menjadi tim terakhir yang memastikan langkah menuju babak perempat final Piala Dunia 2010. Pasukan Matador melakukannya setelah berhasil mengalahkan Portugal dengan skor tipis 1-0, Rabu (30/6/2010).
Turun dengan materi pemain bintang La Furia Roja mengusung misi menggapai kemenangan pada laga ini. Hal serupa tentunya berlaku bagi Selecao Eropa yang berharap bisa melanjutkan kiprahnya setelah sedikit terseok-seok di babak penyisihan grup G.

Spanyol sangat ngotot menghadapi pertandingan kali ini. Terbukti, baru satu menit berjalan mereka sudah mampu mengancam gawang Eduardo melalui Fernando Torres, sayang masih bisa ditepis.

Ancaman berikutnya datang dari David Villa secara berturut-turut di menit ketiga dan ketujuh. Lagi-lagi berkat kesigapan Eduardo, gawang Portugal urung kebobolan.

Para pemain Spanyol nampak sangat mendominasi dengan gaya permainan bola-bola pendek. Berbeda dengan Portugal yang lebih suka mengalirkan bola langsung.

Ancaman ke gawang Iker Casillas sendiri datang di menit ke-20. Sepakan jarak jauh Tiago Mendes yang disambar Hugo Almeida membuat kiper Real Madrid ketar-ketir, meskipun masih mampu bereaksi dan melakukan tindak penyelamatan.

Cristiano Ronaldo tidak banyak berkutik pada duel kali ini. Dia hanya mampu sesekali mengancam pertahanan lawan tanpa menghasilkan sebiji gol pun. Hingga paruh waktu pertama ditutup skor 0-0 masih saja bertahan.

Babak kedua dibuka kedua kubu sama-sama mengambil inisiatif menyerang. Hanya saja Portugal terlihat agak kebingungan dalam mengatur tempo.

Casillas hampir saja memungut si kulit bundar dari dalam gawang ketika Alemeida berhasil melepaskan tembakan dari dari sisi gawang. Bola yang mengenai paha kanan Carles Puyol melambung tinggi dan nyaris saja masuk melewati garis gol.

Melihat daya gedor lini depan Spanyol sedikit mengendur, Vicente del Bosque mengambil inisiatif memasukan Fernando Llorente menggantikan Torres. Baru tiga menit hadir, dia sudah mampu mengacak-acak pertahanan Portugal.

Hasil konkret sendiri baru lahir di menit ke-63. Berawal dari kerja sama apik dengan Xavi Hernandez, Villa yang lolos dari perangkap off-side menembakan bola dengan keras dan menjadikan skor berubah 1-0.

Sudah unggul, motivasi Spanyol kemudian meningkat. Mereka membali menguasai bola dan sesekali melakukan gempuran sporadis.

Llorente sempat dua kali hampir mencetak gol, masing pada menit ke-77 dan ke-86. Sialnya belum ada yang menemuai sasaran.

Pada masa kritis dimana Portugal sedang giat-giatnya melancarkan serangan, salah satu pemain mereka Ricardo Costa malah harus diusir keluar lapangan karena dianggap menyikut lawan.

Hal itu jelaskan melemahkan posisi Portugal. Alhasil, sampai wasit meniup peluit panjang skor 1-0 untuk Spanyol masih tetap bertahan.

Dengan hasil ini Spanyol dipastikan akan bertemu Paraguay yang juga meraih kemenangan atas Jepang. Pertandingan sendiri sedianya akan dilangsungkan pada, Minggu (4/7/2010).

Susunan pemain:
Spanyol: 1-Iker Casillas; 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol, 11-Joan Capdevila; 14-Xabi Alonso, 8-Xavi, 6-Andres Iniesta, 16-Sergio Busquets; 9-Fernando Torres, 7-David Villa

Portugal: 1-Eduardo; 2-Bruno Alves, 21-Ricardo Costa, 6-Ricardo Carvalho, 23-Fabio Coentrao, 16-Raul Meireles, 15-Pepe, 19-Tiago, 7-Cristiano Ronaldo, 11-Simao Sabrosa, 18-Hugo Almeida.
Subscribe to wisben.com on blogger by Email

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?