GuidePedia

0

Wisbenbae.blogspot.com – Bulan Muharram adalah bulan pertama yang pertama kali di kalender Islam. Dan pada bulan ini adalah merupakan bulan yang paling utama bagi umat Islam di seluruh dunia, hal ini karena merupakan bulan yang telah dimuliakan oleh Allah SWT dari empat bulan haram.

Dan pada bulan Muharram ini juga adalah bulan yang secara khusus Allah SWT telah memberikan larangan pada hambanya untuk berbuat maksiat(berbuat yang lazim). Dan pada bula ini kita juga telah dianjurkan untuk mejalankan puasa Sunah yaitu Puasa Tasua dan Puasa Asyura.
Dan puasa Tasua yang biasanya dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram, sedangkan untuk puasa Asyura yang juga biasanya dilakukan pada 10 Muharram. Dan pada tahun 2016 ini 1 Muharram ini bertepatan di tanggal 2 Oktober 2016.

Dengan ini tanggal 9 Muharram ini jatuh pada tanggal 11 Oktober 2016 dan pada hari tersebut kita dapat menjalankan puasa Tasua karena merupakan tanggal yang biasanya digunakan untuk menjalankan puasa sunah tersebut.

Sedangkan untuk 10 Muharram yang akan jatuh pada tanggal 12 Oktober 2016 atau dalam tanggal tersebut disebut dengan hari Asyura, sehingga kita bisa menjalankan puasa Asyura dengan niat puasa Ayura dengan baik dan benar.

Untuk ada yang ingin menjalankan kedua puasa sunah tersebut, sudah semestinya mengetahui niat puasa Asyura dan Tasua. Dan kita juga tahu niat yang sesungguhnya terletak dalam hati untuk menjalankan puasa ini.

Dan Umat Islam yang kebanyakan mengikuti madzhab Imam Syafii sehingga dapat kesunahan untuk melakukan bacaan lafadz niat puasa Tasua dan niat puasa Asyura. Sehingga tidak ada salahnya jika kita mengucapkan niat tersebut untuk menjalankan puasa sunah pada bulan muharram ini.

Dan bagi anda yang belum mengerti bagaimana niat puasa Tasua dan niat puasa Asyura, anda dapat milihat bacaan dari niat kedua puasa tersebut di bawah ini.

Lafadz niat puasa Tasua :

نويت الصوم في يوم تاسوعاء سنة لله تعالي

Tulisan Latin: Nawaitu As Shauma fi Yaumi Taasu’a Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Tasua, sunnah karena Allah ta’ala.”

Lafadz niat puasa Asyura :

نويت الصوم في يوم عاشوراء سنة لله تعالي

Tulisan Latin: Nawaitu As Shauma fi Yaumi ‘Asyura Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Asyura, sunnah karena Allah ta’ala.”



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?