GuidePedia

0

BANDUNG, Wisbenbae.blogspot.com – Berita pencopotan Maria Selena sebagai juru bicara Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dibantah oleh Pengurus Besar (PB) PON. Sebab, Puteri Indonesia 2011 itu berstatus Duta PON, bukanlah juru bicara (jubir). 

Ketua Kompartemen III Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dan Peparnas XV/2016, Solihin, menegaskan status Maria Selena itu.

“Dari dulu sampai sekarang, Maria Selena merupakan Duta PON. Dia tidak pernah menjadi jubir PON,” ujar Solihin saat dihubungiKompas.com melalui saluran telepon, Rabu (21/9/2016).

Sebagai seorang duta, Selena betugas untuk memublikasikan pelaksanaan PON baik melalui media sosial maupun secara langsung. Selena sengaja dipilih sebagai duta karena profesi dia sebagai public figure.

“Kalau menjelaskan PON, tentu akan beda oleh saya dan Selena. Keberadaan Selena diharapkan kami agar PON lebih cepat tersosialisasi. Masyarakat juga lebih memerhatikan PON,” tuturnya lagi.

Mengenai posisi juru bicara, Solihin menjelaskan, sejak awal posisi ini kosong. Namun agar informasi tentang PON terpusat, posisi kosong ini diisi oleh Perry Soeparman.

“Dengan adanya juru bicara, informasi menjadi satu pintu,” ucap dia menegaskan. 

Hal yang sama ditegaskan oleh Ketua Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media (PPM) PB PON 2016, Dadang Suharto. Menurut dia, Maria Selena bukan dicopot sebagai juru bicara karena sejak awal lebih ditempatkan sebagai Duta PON.

“Fungsinya lebih sebagai brand ambassador, bukan sebagai spoke person,” ucapnya.

Bukan sebagai spoke person 

Dadang menjelaskan, ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Sebagai spoke person, orang yang ditunjuk haruslah organik atau PNS Pemprov Jawa Barat dan menjadi panitia inti PB PON.

Juru bicara juga harus merupakan figur yang melekat dari persiapan hingga rampungnya acara. Karena itu, orang di jabatan tersebut harus paham teknis secara detail dan utuh. Untuk itulah, Perry Soeparman ditunjuk. Sebagai pelengkap tugas, ada Maria Selena sebagai duta.

"Dalam dokumen kontrak, Maria Selena adalah duta PON XIX/2016. Tugas utamanya mengampanyekan PON agar banyak audiens tertarik berpartisipasi. Kami tetap akan hadirkan Maria sebagai Duta PON dalam kegiatan, mulai 25 September ke depan hingga rampung," katanya.



"Kehadiran duta dalam event olahraga sendiri adalah hal lumrah. Misalnya, dalam Olimpiade Rio 2016, artis India yang juga penggemar olahraga, Salman Khan, menjadi duta kontingen India dengan tugas meningkatkan atensi dan dukungan warga India ke kontingen," ucap dia. 

Maria direncanakan akan mengunjungi beberapa venue pertandingan, khususnya di Kota Bandung pada hari-hari tersebut, baik olahraga terukur maupun tidak terukur. Mantan atlet basket itu juga akan mengajak selebritis lainnya seperti Udjo, Mario Lawalata, dan Augie Fantinus guna menonton babak final basket di Citra Arena pada 28 September mendatang.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?