GuidePedia

0


Penjualan sepeda listrik di negara ini terbesar di dunia.

Royal Dutch Gazelle adalah pabrik sepeda terbesar dan terkenal di Belanda. Selain sepeda biasa, Gazelle juga memproduksi sepeda listrik.

Penjualan sepeda listrik sekarang melonjak di seluruh Eropa, terutama di Belanda dan Jerman. Tiga dari setiap sepuluh sepeda yang dibuat oleh Gazelle adalah sepeda listrik.

Hal ini memberikan dorongan terhadap industri sepeda Eropa yang saat ini sedang mendapat persaingan yang ketat dari perusahaan di Asia.

Kecintaan warga Belanda terhadap sepeda telah berlangsung lebih dari satu abad dan jumlah sepeda di negara ini melebihi jumlah penduduknya. Di Belanda ada 20,5 juta sepeda untuk 17 juta jiwa. Jadi tidak mengherankan bahwa Belanda berada di garis depan dalam pengembangan teknologi sepeda mutakhir.

"Sepeda listrik telah memberikan dorongan yang sangat besar terhadap pasar sepeda," kata analis keuangan Gerard Rijk dari SNS Securities seperti dikutip dari Gulf News, Minggu, 17 Januari 2016.

Sebanyak 1,4 juta sepeda listrik terjual di seluruh Uni Eropa pada tahun 2014, dibandingkan dengan 907.000 unit pada tahun sebelumnya dan hanya 98.000 pada tahun 2006, menurut angka dari Konfederasi Industri Sepeda Eropa (CONEBI).

Di Belanda saja, 21 persen dari total penjualan sepeda pada 2014 disumbang oleh sepeda listrik - lebih banyak dari negara lain di Eropa.

Sedangkan angka untuk tahun 2015 data belum tersedia. Gazelle mengatakan penjualan sepeda listrik telah meningkat hampir sepertiga dari seluruh penjualan dalam beberapa bulan terakhir.

Perusahaan, yang dimiliki oleh konglomerat Pon Holdings, baru-baru ini menginvestasikan sekitar 10 juta euro untuk merenovasi pabriknya di Dieren, dengan kapasitas produksi sekitar 275.000 sepeda per tahun.

"Di Belanda, pasar sepeda tradisional datar atau menurun sedikit, sedangkan sepeda listrik terus berkembang," kata Ferdi Ertekin, juru bicara Gazelle kepada AFP, menunjuk pertumbuhan 10 persen year-on-year.

Accell, pemain utama Belanda lainnya, juga melihat tren yang sama. Pemilik merek sepeda populer seperti Batavus, Koga dan Sparta, ini mencatat kenaikan penjualan sepeda listrik sebesar 20 persen di kuartal pertama tahun lalu. Sedangkan penjualan sepeda tradisional hanya naik 4 persen.

Martijn van Es, juru bicara Asosiasi Produsen Sepeda Belanda, menyambut antusias tentang perkembangan sepeda listrik.

Masalah utama yang menghalangi sepeda listrik menjadi pilihan utama dibandingkan sepeda tradisional adalah harganya.

Dalam katalog Gazelle, harga sepeda listrik rata-rata 2.000 euro atau Rp 30 jutaan, dibandingkan dengan sekitar 600 euro atau Rp 9 jutaan untuk sepeda tradisional.

Meningkatnya penjualan sepeda, baik listrik atau tradisional, terbukti menyelamatkan produsen Eropa untuk tetap bertahan di tengah persaingan dari perusahaan-perusahaan Asia yang didukung tenaga kerja murah.

Sepeda listrik dengan perakitan yang lebih rumit kemungkinan akan terus diproduksi di Eropa, sementara model yang lebih murah akan datang dari Asia, analis mengatakan.

Sekitar 60 persen dari semua sepeda yang dijual di Eropa masih dibuat di Benua Biru, dibandingkan pada tahun 2000 yang mencapai 76 persen, menurut CONEBI.

"Untuk produsen lokal, segmen pasar high-end termasuk sepeda listrik sangatlah penting. Kita berbicara masalah bertahan hidup di dalam industri sepeda," kata Rijk.

 
Sumber
lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?