GuidePedia

0


Google tampaknya sadar betul bahwa sekalipun mayoritas layanannya bakal bisa dinikmati dengan optimal lewat jalur online, namun masih ada begitu banyak pengguna yang tinggal atau terjebak di sebuah kawasan yang tak bisa dijangkau oleh sinyal internet. Secara perlahan, Google pun merilis update agar berbagai layanan mereka tetap bisa dinikmati secara offline, dan kini dukungan tersebut siap hadir untuk fitur penting di aplikasi Google Maps.

Fitur dukungan offline untuk navigasi dan pencarian di Google Maps pertama kali diumumkan di ajang konferensi developer I/O bulan Mei lalu. Kini; selang 6 bulan setelah pengumumannya, Google akhirnya merilis dukungan tersebut bagi para pengguna Google Maps versi Android terlebih dahulu, sementara versi iOS menyusul kemudian.


Kemampuan untuk menyimpan peta dari sejumlah kawasan memang sudah ada di Google Maps sejak tahun 2012 lalu, namun ini merupakan pertama kalinya Google menambahkan dukungan pemakaian indeks secara offline agar bisa dipakai untuk keperluan navigasi dan pencarian. Jadi misalnya suatu saat Anda pergi ke luar negeri dan perlu menengok peta untuk menemukan tempat penginapan tapi tak mau terkena biaya roaming hanya untuk mengakses layanan Google Maps, maka Anda cukup menyimpan peta dari kota yang akan Anda kunjungi, dan nantinya Anda akan tetap bisa mencari lokasi hotel tersebut tanpa koneksi internet sama sekali.


Perlu dicatat bahwa kemampuan ini hanya akan menghadirkan fungsi utama saja; misal Anda melakukan pencarian untuk sebuah tempat di peta, maka Google Maps masih akan bisa menampilkan nama tempat, nomor telepon yang bisa dihubungi dan juga rating untuk tempat tersebut, namun tak bisa menampilkan foto dari lokasi atau review pengguna. Hal serupa juga berlaku untuk kemampuan navigasi, dimana panduan arah bakal berlaku untuk tingkat kepadatan rata-rata lalu lintas yang tersimpan; bukan data secara real-time. Untuk sementara kemampuan navigasi cuma berlaku untuk pengendara mobil saja, sementara tampilan titik transit dan panduan arah berjalan kaki masih absen. Google berjanji bahwa mereka siap menambahkan kemampuan tersebut dalam update mendatang.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?