GuidePedia

0


Mudah tergiur saat mengidamkan makanan dan menurutinya​? Menuruti setiap nafsu makan ​bisa berakibat buruk pada kesehatan​. Kenali penyebab​nya​ dan cara mengatasinya.

Nafsu makan (food craving) tidak seperti lapar biasanya dan cenderung menginginkan makanan yang spesifik. Seringkali makanan yang kita inginkan adalah makanan yang tidak bergizi.

Kebiasaan menuruti nafsu makan yang tidak sehat bisa mendatangkan masalah kesehatan. ​Lebih​ parah​ lagi​ makan dengan emosional menyebabkan suasana hati menjadi depresif, meningkatkan kecemasan, stres, dan berat badan ​naik​.

​Nafsu makan bisa dikendalikan dan orang bisa​ dilatih untuk mengubah hasrat untuk makan menjadi sesuatu yang bermanfaat.​ Perlahan ​mulai bisa mengontrol keinginan makan yang berlebihan.

Nafsu makan berlebihan tidak datang begitu saja. HALT yang merupakan singkatan dari Hungry, Angry, Lonely, dan Tired dapat membantu Anda mengetahui alasannya.

​Dimulai dengan H (Hungry). ​Tanyakan dahulu kepada diri Anda, apakah Anda benar-benar lapar? Jika lebih dari beberapa jam setelah makanan terakhir yang Anda santap, Anda mungkin harus makan.

​A (Angry), ​​s​uasana hati Anda sedang berantakan? ​Mencoba atasi​ perasaan yang tak karuan dengan makanan itu lumrah, tetapi tidak baik makan berlebihan.

​L (Lonely), pernahkan Anda merasa bosan di rumah sendirian? Anda berusaha membunuh kebosanan tersebut dengan menonton TV sambil mengunyah snack. Sekali Anda mengunyah tidak terasa dan kemudian Anda sadar telah menghabiskan setengahnya. 

Atau T (Tired), apakah karena Anda lelah? Jika otak dan tubuh Anda membutuhkan energi, mengidam suatu makanan bisa menjadi tuntutan dari tubuh agar tubuh mendapat asupan yang menghasilkan energi.


Jadi, coba siasati perasaan HALT itu dengan cara Anda sendiri. Minum segelas air putih, karena faktanya banyak orang yang kekurangan asupan mineral tidak bisa membedakan lapar yang disebabkan oleh kekurangan air atau lapar karena ia belum makan. Jika Anda memiliki waktu luang, cobalah untuk tidur sejenak atau berjalan kaki selama 10 menit.

Buatlah jurnal tentang apa saja yang Anda makan. Catat setiap makanan dan cantumkan juga tanggal, waktu. Dengan cara ini Anda bisa melacak berapa banyak kalori dan nutrisi lainnya yang terdapat pada makanan yang telah Anda makan. Temukanlah cara sehat untuk meningkatkan nutrisi agar kebutuhan gizi tercukupi.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?