GuidePedia

0



"Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi," tutur Pidi Baiq, imam besar The Panasdalam. Bagi yang pernah tinggal di Bandung, mungkin pernah mengalami apa yang diucapkan olehnya di atas. Ibukota Jawa Barat emang jagonya bikin kenangan yang membekas di hati. Bisa jadi beberapa faktor ini yang menyebabkannya:

1. Iklim

Bandung dari atas via rinaldimunir.wordpress.com

Tuh, pemandangannya aja bukit

Bandung dikenal dengan udaranya yang super sejuk, apalagi kawasan Utara yang notabene merupakan dataran tinggi, daerah perbukitan. Mungkin ini yang bikin ritme hidup orang Bandung lebih nyantai. Mikirnya juga simpel. Udara panas bakal bikin otakmu panas dan mudah tersulut emosinya, berkebalikan dengan Bandung. Kalo udah adem luar-dalam, apa-apa juga enak. Percaya deh.

2. Makanan

Enak banget via bandung.panduanwisata.id

Sop kambing terenak di Bandung, Cikapundung BCA

Tiap-tiap kota di Indonesia punya kearifan kulinernya sendiri, termasuk Bandung. Namun sejauh ini Aing masih ngejagoin Bandung perihal "harta karun" alias tempat makan tersembunyi yang ibaratnya cuma anak-anak kampus doang yang tau. Bandung pun menyediakan tempat makan dengan harga dan pemandangan variatif. Mau makan murah bisa, makan mahal apalagi. Mau yang pemandangan kota Bandung dari atas banyak, mau yang pemandangannya gang sempit tapi makanannya enak banget juga ada. Rasa mungkin gak se-wah Medan atau Makassar, tapi makanan di Bandung bikin kamu pengen lagi dan lagi.

3. Tempat Nongkrong

The Valley via booking.com

Asik kan sambil liat pemandangan

Jagonya. Yang bikin anak-anak muda Jakarta berbondong-bondong menghabiskan akhir pekan dan membawa kemacetan di Bandung. Senada dengan tempat makan, tempat nongkrong di Bandung juga beragam. Mau yang mewah ampe warkop kecil pun banyak yang enak. Tempat ngebir banyak. Nongkrong di pinggir jalan aja enak. Adem sih.

4. Keramahan Penduduk Sekitar


Ramah-ramah kan

Stigma orang Sunda bertutur kata halus itu benar adanya. Cerita miring soal geng motor ada, tapi kota mana sih yang gak punya sisi buruknya? Lagian sekarang pun udah jarang ada yang rusuh. Sensitifnya pendukung Persib terhadap orang Jakarta lain cerita ya. Kalo kamu gak nyolek orang lain, kamu juga gak bakal dicolek balik kok. Sebagian besar penduduknya ramah dan cukup membantu kalo mau nanya ini itu.

5. Musik

Mocca via twitter.com

Kayak gini nih band Bandung

Dari dulu pun Bandung udah terkenal sebagai penghasil musisi dan band kebanggaan tanah air. Tiap tahunnya ada aja bibit baru yang menonjol (walau belakangan kian menyepi). Namun kamu gak boleh melewatkan acara-acara musik kecil di Bandung yang bikin kamu bersyukur tinggal di Indonesia. Musik adalah salah satu hal yang dapat dibanggakan oleh Indonesia. Yang bikin anak mudanya tetap waras dan kreatif.

6. Tempat Belanja


Banyak pilihan berbelanja

Sengaja deh Aing masukin, soalnya emang belanja di Bandung tuh enak banget dan harganya relatif gak mahal. Tanya aja (sekali lagi) anak-anak Jakarta yang hobi shopping di Bandung tiap akhir pekan atau bulan muda. Saturasi tempat dan harganya pun cukup lebar. Mahal banget ada, murah banget pun eksis. Surganya bikin kaos, jaket, dan jeans. Belom ada lawannya.

7. Kampus

Kampus via thebandungtour.com

Pengen kembali tapi bukan untuk kuliah

Agak membingungkan, namun benar adanya. Bagi yang dulu berkuliah di Bandung dan suatu hari berpelesir ke Kota Kembang, pastilah ada sedikit kerinduan akan tempatnya berkuliah di lubuk hati terdalam. Ada aja perasaan pengen makan di tempat-tempat zaman kuliah dulu. Keindahan nostalgia emang gak ada abisnya. Gokil.

8. Cewek

Mojang via bdguptodate.com

Geulis pisan euy

Gak bisa dipungkiri bahwa cewek-cewek Bandung udah dapat predikat paling cakep di Indonesia. Kalo kamu gak mau mengakui, ya setidaknya tetap ada di papan atas lah. Gak usah harus ke cafe tergaul, mau naik angkot aja bisa ketemu cewek cakep. Cakep-cakep Sunda yang bikin hati damai gitu deh. Ajib.

9. Karena Emang Rumahnya di Bandung

Masa sih gak kangen sama kota sendiri? Apalagi kotanya Bandung. Wong banyak juga kok penduduk kota lain yang udah ngerasa bahwa Bandung itu rumahnya sendiri, bagian hidupnya yang gak mungkin dilupakan. Terlalu banyak kenangan yang bertebaran di tiap sudut Kota Bandung.

Duh, jadi pengen ke Bandung ya. Kebetulan di tiap poinnya Aing gak nyebutin secara spesifik kamu harus ke mana aja. Untuk itu kamu kan bisa nyari sendiri. Aing emang lagi gak ngasih rekomendasi, melainkan lagi berbagi nostalgia aja. Susah move on nih dari Bandung. Kalo kamu gimana?




Post a Comment Blogger

Beli yuk ?