GuidePedia

0

Inuvik - Taman Nasional Ivvavik, nama yang pasti asing terdengar di telinga traveler. Inilah taman nasional yang paling terpencil di Bumi dan berada di dekat Kutub Utara. Hanya sekitar 75 orang saja yang berkunjung tiap tahunnya.

Dari situs BBC Travel yang kutip Aing, Selasa (7/7/2015) Ivvavik berada di Lingkar Artik yang artinya cukup dekat dari Kutub Utara. Ivvavik masuk dalam wilayah Kanada bagian utara dan berbatasan dengan Alaska.

Di taman nasional tersebut atau di sekitar kawasannya tidak dihuni penduduk sama sekali. Terang saja, akses menuju ke sana sangat jauh dan taman nasionalnya pun terpencil yang juga jauh dari kota-kota di utara Kanada. Paling dekat saja, adalah Kota Inuvik yang jika naik pesawat ke sana, jaraknya sekitar 200 km.

Ivvavik sebenarnya merupakan taman nasional yang masih baru. Pemerintah Kanada menetapkannya sebagai taman nasional di tahun 1980-an. Meski terpencil, nyatanya panorama alam di Taman Nasional Ivvavik sangatlah indah!

Di sana hampir seluruh kawasan taman nasionalnya merupakan tundra, yakni kawasan tanpa pohon. Tidak ada pepohonan menjulang tinggi, karena disebabkan iklim dan rendahnya suhu lingkungan. Paling-paling, hanya pohon cemara saja yang ada di sana. Maka sejauh mata memandang, yang ada hanya rerumputan hijau saja.

Namun, itu justru jadi suatu keunikan di Ivvavik. Sambil berdiri di atas bukit, Anda bisa melihat hamparan padang rumput bagaikan permadani hijau raksasa. Ditambah bentangan pegunungan dengan puncak bersalju di atasnya yang jadi latarnya, indah nian!

Selain foto-foto, turis yang datang ke Ivvavik bisa melakukan aktivitas trekking, kemping dan juga memancing. Sungai-sungai yang mengalir jernih, malah mungkin bisa menggoda Anda untuk berenang.


Inilah Taman Nasional Ivvavik di Kanada (Helena Katz/Parks Canada)

Didominasi kawasan tundra (Tim Jhonson/Parks Canada)

Sungainya bersih dan jadi tempat asyik untuk memancing (Tim Jhonson/Parks Canada)

Tak sampai 100 turis datang ke sana tiap tahunnya (Helena Katz/Parks Canada)



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?