GuidePedia

0
Alert - Kalau mencari kota mana yang lokasinya paling sulit didatangi di dunia, jawabannya adalah kota Alert di Kanada. Lokasinya berada di bagian paling utara Bumi dan tertutup salju sepanjang tahun. Kota yang sepi, sepi sekali.

Selalu menarik, saat mencari kota-kota paling unik di dunia. Salah satunya yang mungkin belum dikenal banyak traveler adalah Kota Alert di Pulau Ellesmere, Teritori Nunavut, Kanada.

Seperti Aing lihat dari situs resmi Nunavut, Jumat (10/7/2015) Alert bahkan menyandang predikat sebagai kota paling utara di Bumi. Sebab, kota inilah yang paling dekat dengan Kutub Utara, dengan jarak 817 kilometer.

Selamat datang di Alert (Youtube)

Oleh pemerintah Kanada, Alert ditetapkan sebagai kota pada tahun 2000-an. Namun nyatanya, meski disebut kota, penduduk di sana tidak ada sama sekali alias nol!

Jangan bingung dulu, ternyata Alert merupakan basis militer Kanada dan kawasan penelitian Global Atmosphere Watch (GAW). Di sana tersedia hanya sekitar belasan barak yang ukurannya besar-besar dan menjadi tempat tinggal sementara bagi para tentara. Serta, menjadi laboratorium untuk ilmuwan.

Ya, tidak ada penduduk tetap di Alert. Para tentara dan ilmuwan, beberapa bulan sekali bergantian tugas jaga di Alert. Terkadang, hanya sekitar puluhan orang saja di sana dalam satu bulan.

Mungkin, Alert menjadi pertahanan wilayah udara di Kanada di bagian paling utara. Sementara untuk ilmuwan, Alert menjadi gerbang untuk menjelajahi dan meneliti Kutub Utara.

Sejauh mata memandang, hanya ada salju (Youtube)

Panorama Alert saat musim panas dari angkasa (Youtube)

Tempat penelitian di sana (Youtube)



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?